Cara Bergabung Ke Kelas di Google Classroom

Tata Cara Bergabung ke Kelas di Google Classroom

Google Classroom (Ruang Kelas Google) adalah aplikasi pembelajaran online milik Google yang dapat digunakan untuk merencanakan pembelajaran, membagikan materi atau bahan ajar, dan memberikan tugas kepada siswa tanpa menggunakan kertas.

Keuntungan Classroom adalah terintegrasi secara langsung dengan fitur Google lainnya seperti Google Dokumen dan Google Drive sehingga dapat menyimpan file-file, baik materi, sumber belajar, atau tugas-tugas di Google Drive. Cukup memiliki satu akun Google, kita bisa memanfaatkan semua fasilitas yang disiapkan oleh Google, termasuk Google Classroom


Google Classroom menyediakan 2 fasilitas yaitu

  1. Bergabung ke Kelas (Join Kelas). Fasilitas ini bagi Siswa atau guru yang ingin belajar atau bergabung di suatu kelas. Peran kita sebagai Siswa atau peserta didik.
  2. Membuat Kelas (Create Class) adalah fasilitas bagi para guru atau pengawas yang ingin memiliki kelas online atau pembinaan online. Peran kita sebagai Guru atau Pendidik

Pada kesempatan ini akan dijelaskan cara bergabung di suatu kelas. Cara bergabung di kelas terdiri dari 2 cara. Tapi perlu diingat, kita harus sudah login atau masuk ke Google Classroom. Jika sudah masuk di akun Google, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Menggunakan kode kelas.

Kode kelas dimiliki oleh pembuat kelas di Google Classroom, Kode tersebut bisa diberikan di waktu pertemuan atau pelatihan, juga dapat dikirimkan melalui email pribadi atau whatsapp.

Kode kelas tersebut digunakan untuk menambah diri kita ke kelas.

Langkah-langkah Bergabung ke kelas menggunakan kode kelas, yaitu sebagai berikut:

  1. Buka classroom.google.com.
  2. Di bagian atas, klik Tambah (+) muncul dua opsi yaitu Gabung ke kelas (Join Class) dan Buat Kelas (Create Class).
  3. Klik Gabung ke kelas, muncul permintaan Kode
  4. Masukkan kode kelas yang diberikan oleh guru, lalu klik Gabung.
  5. Kode kelas terdiri dari 6 atau 7 huruf atau angka. Misalnya, hjhmgrk atau g5gdp1.
  6. Masukkan kode kelas
  7. Kita Sudah bergabung dengan Kelas

2. Menerima undangan dari guru

Cara bergabung yang kedua adalah menerima undangan dari Guru atau pengawas madrasah yang telah mengirim undangannya melalui akun Google atau akun Gmail.

Jika Guru atau Pengawas Madrasah telah mengirim undangan ke kita, Kita akan melihatnya di halaman beranda (Home) Google Classroom sebuah kartu kelas yang meminta kita untuk bergabung (Join). Kita tinggal mengklik tombol gabung (Join) maka secara otomatis kita sudah bergabung di kelas tersebut.

Adapun Langkah-langkah Bergabung ke kelas menerima undangan dari guru atau pengawas madrasah secara rinci adalah sebagai berikut:

  1. Buka classroom.google.com.
  2. Pada kartu kelas, klik Gabung (Join).
  3. Selamat Anda telah bergabung.

Dari kedua langkah tersebut dapat digunakan sesuai kondisi. Ketika ada ada pertemuan tatap muka atau pelatihan langsung, Kita dapat membagikan kode kelas kepada guru-guru , kepala madrasah, atau siswa. Guru atau pengawas madrasah dapat menampilkan kode kelas tersebut melalui layar LCD Proyektor atau ditulis di Whiteboard. Bisa juga mengirim kode kelas melalui Whatsap Grup, karena mayoritas sudah memiliki whatsapp dan sering menggunakannya.

Sedangkan minta bergabung dengan cara mengirim undangan kepada siswa atau guru binaan lebih lambat jika tidak tidak lakukan di saat pertemuan tatap muka, karena tidak semua orang suka membuka gmail atau google classroom. Perlu waktu untuk untuk meminta mereka bergabung. Tapi ketika ada pertemuan tatap muka, Permintaan bergabung dengan mengirim undangan sangat efektif.

112

Yunandra

Yunandra adalah Pengawas Madrasah/Konsultan/Praktisi Pendidikan Islam yang ingin berbagi dan memberi untuk hidup lebih baik. Kata yunandra merupakan dua nama digabung dengan kata “and”. Harapannya segala kebaikan yang dilakukan menjadi Amal Jariah berdua.