WordPress : Aktifkan Menu-menu di Sidebar yang tidak berfungsi

wordpress-yunandra-com

CARA MENGAKTIFKAN KEMBALI SIDEBAR YANG TIDAK BERFUNGSI

 

Seorang Desainer WordPress pemula sering menghadapi masalah-masalah yang muncul tiba-tiba. Hal ini diakibatnkan oleh ilmu desainnya didapat melalui otodidak atau belajar lewat buku, bukan melalui kursus atau pendidikan formal.

Biasanya, ketika mendapatkan masalah, Disainer pemula mencari jawaban dengan browsing di internet via google atau yahoo. Terkadang Artikel tersebut bisa mendapat jawaban permasalahan secara langsung , dan kebanyakan jawaban tersebut perlu praktik dan ditambah analisis-analisis lain.

Seperti masalah, tidak berfungsinya slider, atau hilangnya footer di suatu themes yang baru. Pada awal menginstall dan mengaktifkan, semua widget bisa berfungsi dan bisa diatur di “costumize”. Semua berjalan sesuai dengan layout template/theme yang ada.

Namun, ketika mengatur dan mendisain dengan menambah atau menginstall plugin-plugin lain, kemudian mengaktifkan dan memasangnya di sidebar dengan menggunakan widget. Tiba-tiba semua fungsi bawaan template/widget tersebut tidak berjalan.

Lalu apa sebabnya dan bagaimana solusinya?

Jawaban sebab berhenti atau tidak berfungsinya aplikasi atau menu-menu di costumize theme wordpress belum ketahuan. Sebagian mengatakan adanya widget tambahan atau plugin baru yang scriftnya tidak sempurna sehingga menghentikan scrift yang telah ada.

Tapi untuk solusinya ada beberapa langsung, jika langkah pertama tidak berhasil maka bisa melakukan di langkah kedua, dan seterusnya.

    1. Delete atau hapus semua widget yang terpasang di sidebar/layout themes. seperti di sidebar right, sidebar left, footer, atau sidebar yang telah disediakan oleh template atau themes wordpress. Biasanya langkah ini paling sukses. Jikla tidak berhasil, maka mencoba langkah kedua
    2. Periksa scrift-scrift yang ada di widget, kemungkinan penulisan codenya tidak lengkap. Periksa juga scrift di file php yang mendukung.
    3. Jika tidak berhasil juga, maka lakukan langkah iberikutnya: misalnya footer tidak berfungsi atau hilang, maka lakukan langkah berikut:
      1. Pastikan wp_footer ada di footer.php
        Script wp_footer biasanya diletakkan sebelum penutup body tag, seperti
        <?php wp_footer(); ?>
        </body>
        </html></li>
      2. Pastikan get_footer ada di php
        Script <?php get_footer(); ?> harus ada di page.php, single.php atau php yang bermasalah lainnya.

Semoga bermanfaat

 

9

Related posts