Dhuha di SDN Cilandak Barat 08

Kegiatan Shalat Dhuha bersama-sama di Jumat pagi merupakan kegiatan baru di SDN Cilandak barat 08, dan sudah dimulai sejak akhir Agustus. Program Kegiatan tersebut merupakan salah satu kegiatan keagamaan rutin mingguan, selain kegiatan rutin harian seperti shalat dhuhur ataupun rutin tahunan seperti Kegiatan pesantren kilat Ramadhan, Muharram ataupun Loketa.

Pada Hari Selasa, 4 Desember 2012, ketika melaksanakan monitoring kegiatan ujian semester materi Pendidikan Agama Islam di SDN Cilandak Barat 08, Pengawas PAI sempat  berdialog dengan kedua Guru PAI  SDN Cilandak Barat 08, H. Syarifudin dan Sa’diyah tentang kegiatan keagamaan. Mereka menjelaskan berbagai kegiatan keagamaan yang dilaksanakan di SDN Cilandak Barat 08. Salah satu kegiatan keagamaan yang menarik yaitu shalat dhuha di hari jumat.

H. Syarifuddin, Guru PAI , menjelaskan bahwa Kegiatan tersebut diadakan setiap Jumat pagi, dimulai dari jam 06.30 sampai sekitar jam 08.00. Pelaksanaannya tidak di Mushala sekolah tapi di lapangan sekolah karena melibatkan semua siswa,  termasuk kepala sekolah dan dewan guru SDN Cilandak Barat 08.

SDN Cilandak Barat 08 berada di Jalan Taman Wijaya V Cilandak Barat, tepat di depan Taman Wijaya. Di Lokasi tersebut terdapat dua sekolah negeri, selain SDN Cilandak Barat 08 pagi, ada juga SDN Cilandak Barat 11 Petang.

Program shalat dhuha mendapat dukungan penuh dari Kepala Sekolah, Hj. Nining Mintarsih, S.Pd.S. Bahkan para guru ikut terlibat langsung kegiatan tersebut seperti tugas pembicara kultum diberikan kepada semua guru termasuk kepala sekolah.

Menurut Ibu Sa’diyah, salah satu Guru PAI di SDN Cilandak Barat 08, terkadang tugas ceramah kultum disampaikan oleh siswa yang telah dipersiapkan oleh guru kelasnya, sebagai sarana pelatihan mental dan pengembangakan potensi siswa.

Selain shalat dhuha dan kultum, diadakan juga tadarus al Qur’an, yaitu membaca surat pendek al Qur’an yang telah dipelajari di kelas. Bagi siswa kelas atas, program ini bertujuan untuk mengingatkan kembali hapalannya.

Harapan pengawas PAI, Kegiatan Keagamaan rutin harian dan mingguan perlu menjadi program prioritas guru PAI di Sekolah Dasar. Karena Kegiatan rutin memiliki dampak yang positif untuk pembiasaan siswa. Program Pembiasaan merupakan salah satu metode internalisasi, sehingga menjadi karakter diri siswa.

682