Etimologi Pendidik Menurut Islam

Dalam kontek pendidikan Islam, pendidik disebut dengan Murobbi, mualim, dan muaddib. Kata murabbi berasal dari kata rabba, yurabbi. Kata mualim isim fail dari allama yuallimu sebagaimana ditemukan dalam al-Quran surat Al Baqarah ayat 31, sedangkan kata muaddib, berasal dari addaba yuaddibu, seperti sabda Rasulullah “Allah mendidiku, maka ia memberikan kepadaku sebaik-baik pendidikan” (H.R. Al Asyari)

Ketiga kata tersebut, murabbi, muallim, dan muaddib, mempunyai makna yang berbeda, sesuai dengan konteks kalimat, walaupun dalam situasi tertentu mempunyai kesamaan.

Kata murobbi sering dijumpai dala kalimat yang orientasinya lebih mengarah pada pemeliharaan, baik yang bersifat jasmani atau rohani. Pemeliharaan seperti ini terlihat dalam proses orang tua membesarkan anaknya. Mereka tentunya berusaha memberikan pelayanan secara penuh agar anaknya tumbuh dengan fisik yang sehat dan kepribadian serta akhlak yang terpuji.

Sedangkan untuk kata muallim, pada umumnya dipakai dalam membicarakan aktifitas yang lebih terfokus pada pemberian atau pemindahan ilmu pengetahuan ( istilah lain pengajaran), dari seorang yan gtahu kepada seorang yang tidak tahu. Adapun kata muaddib, menurut al Attas, lebih luas dari istilah muallim dan lebih tepat dengan konsep pendidik Islam.

Beragamanya penggunaan kata pendidikan dalan literature pendidikan Islam, secara tidak langsung telah memberikan pengaruh terhadap penggunaan istilah untuk pendidik. Hal ini sesuai dengan kecenderungan dna alasan masing-masing pemakai istilah tersebut. Bagi orang yang cenderung memakai istilah tarbiyah, tentu murabbi adalah sebutan yang tepat untuk seorang pendidik. Orang yang cenderung istilah ta’lim lebih cocok untuk pendidikan, maka ia akan menggunakan isitlah muallim. Begitu juga orang yang cenderung memakai kata ta’dib, maka dia akan memilih muaddib sebagai istilah bagi seorang pendidik. Namun, istilah muallim lebih sering dijumapai alam berbagai literature pendidikan Islam, dibandingkan dengan istilah lainnya. Walaupun dalam praktek pendidikan Islam, orang lebih banyak memakai isitilah tarbiyah, sehingga pendidikan Islam lebih popular dengan sebutan tarbiyah Islamiyah. Namun untuk guru lebih popular menggunakan istilah muallim daripada murobbi.

916