Model Pembinaan Partisipatif dan IGRA Jakarta Selatan

igra-manasik-haji-ra-yunandra-madrasahMANASIK HAJI BERSAMA KELUARGA

 

Selasa, 17 November 2015. Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) menyelenggarakan praktek manasik haji bagi Siswa-siswi RA se Jakarta selatan. Kegiatan manasik diselenggarakan di Transera Harapan Indah Bekasi. Dilaksanakan dengan tiga tahap karena siswa-siswi Raudhatul Athfal yang berasal dari 10 Kecamatan se Jakarta Selatan berjumlah ribuan tidak bisa tertampung di Transera

 

Praktek manasik haji di tingkat RA merupakan kegiatan tahunan Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA). Sebagai program rutin, IGRA di beberapa daerah secara serentak menyelenggarakan praktek manasik haji. Tujuannya mengenalkan tata cara ibadah haji kepada anak-anak sejak dini dan memberikan pemahanan bahwa haji merupakan salah satu ibadah yang wajib dilaksanajan jika mampu.

Tahun ini IGRA Jakarta Selatan mengangkat tema “Haji bersama keluarga”. Siswa-siswi Raudhatul Athfal datang bersaman keluarga, mayoritas datang dengan ibunya, sebagiañ kecil datang bersama bapaknya, bahkan ada yang datang dengan semua anggota keluarga. Sehingga suasana di lapangan parkir transera, tempat pelaksanaan manasik haji, penuh dengan orang-orang berbaju putih. Suasana tersebut mirip dengan kondisi haji sebenarnya d Mekkah. Lautan manusia berkumpul memakai baju putih dengan satu tujuan mencari ridlo Allah.

Haji bersama Keluarga sangat relevant dengan kondisi umat Islam Indonesia. Semangat umat Islam untuk melaksanakan haji semakin meningkat. Akibat kuota haji terbatas, umat Islam Indonesia mengalihkannya ke umroh. Umroh bisa dilaksanakan sepanjang tahun kecuali bulan haji. Dengan biaya tidak semahal haji, umroh bersaman keluarga banyak dilakukan keluarga Muslim. Secara tidak langsung, melalui praktek haji yang diprakarsai IGRA, para orang tua Siswa RA dapat belajar tata cara haji Dan umroh.

Pada tahun-tahun sebelumnya, IGRA Jakarta Selatan mengadakan praktek manasik haji d Asrama haji Pondok Gede. Miniatur atau syiar-syiar yang dibutuhkan dalam prosesi manasik haji sudah ada secara permanen.

Harapan praktek manasik haji di tahun depan, disamping mengenalkan tata cara manasik haji, dapat memberikan dampak positif pada pembentukan karakter atau akhlak siswa-siswi melalui pemahanan terhadap pesan-pesan dari tiap tata cara haji.

74

%d bloggers like this: