Madrasah Unggulan Pilihan Masyarakat Mampang

pengawas-madrasah-1-muker-kkmi-mampang-2016

MUSYAWARAH KERJA KKMI MAMPANG

Rabu, 26 Januari 2016, Kelompok Kepala Madrasah Ibtidaiyah kecamatan Mampang Prapatan menyelenggarakan musyawarah kerja. Acara terdiri dari mendengarkan laporan pertanggungjawaban pengurus lama, menyusun  program kerja KKM Ibtidaiyah Mampang tahun 2016, dan pemilihan pengurus baru periode tahun 2016-2019.

Peran kelompok kepala madrasah (kkm) berdasarkan peraturan Menteri Agama no. 90 tahun 2013 pasal 47 ayat 4 bahwa kelompok kepala madrasah (kkm) memiliki peran sebagai berikut:

  1. Meningkatkan profesionalitas kepala madrasah
  2. Mengkoordinasikan dan mensinergikan program peningkatan mutu madrasah.

Pembekalan kepada peserta musyawarah kerja KKMI Mampang Prapatan disampaikan diawal acara. ada beberapa hal yang sampaikan dalam pengarah tersebut, menegaskan perlu adanya kontribusi semua pihak dalam mengembangkan kelompok kerja kepala Madrasah Ibtidaiyah di Mampang Prapatan. Karena suatu organisasi bisa berjalan dinamis jika terdapat 5 karakter,  yaitu:

  1. Drive : Karakter drive adalah orang yang selalu memiliki ide-ide baru. Terkadang berpikir di luar kebiasaan. sehingga memunculkan kegiatan-kegiatan yang berbeda dan tidak berjalan secara ritual dan monoton. KKMI memerlukan orang yang memiliki karakter drive agar terus berkembang dan memeiliki sesuatu yang baru untuk meningkatkan profesionalisme kepala madrasah dan mutu madrasah.
  2. Planner : Karakter Planner adalah orang yang ahli dalam merencanakan sesuatu dengan baik. Ide yang dimunculkan oleh karakter Drive disusun secara terencana oleh orang yang memiliki karakter Planner, sehingga ide bisa berjalan dengan baik. di KKM Mampang Prapatan memerlukan orang yang memiliki karakter Planner sehingga ide-ide yang muncul bisa tersusun dengan rapi dan terencana sehingga dapat dilaksanakan dengan mudah.
  3. Operator : Karakter operator adalah orang yang siap melaksanakan suatu rencana/program dan akan bergerak jika rencana.program telah tersusun dengan jelas. Operator dibutuhkan oleh karakter Planner agar rencana yang telah disusun bisa terwujud. KKMI tidak hanya memerlukan Driver dan Planner, tapi perlu orang yang berkarakter operator, karena kalau hanya driver dan Plannaer maka program  hanya menjadi dokumen tertulis saja.
  4. Executor : Karakter eksekutor adalah orang yang mampu mengeksekusi suatu program.
  5. Compliner : Karakter Kompliner adalah orang yang mengawasi dan selalu mengkritik setiap program yang dilakukan oleh ekssekutor.

Jika semua anggota mengetahui karakternya masing-masing, maka tidak ada perebutan kedudukan atau posisi, tapi akan terbentuk mindset bahwa apa yang bisa k dulakukan untuk berkontribusi di Kelompok Kepala Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) secara maksimal sesuai potensi yang telah diberikan Allah kepada dirinya.

43

Related posts