Kendala Guru dalam Menyusun RPP

 

3. Kemudahan mendapatkan file RPP dari guru satu ke guru lain yang sebenarnya tidak bisa diterapkan di kelas karena modalitas, karakteristik, potensi siswanya berbeda, namun RPP tersebut tetap saja digunakan.

Perkembangan teknologi memberikan pilihan kepada guru untuk menjadi guru yang kreatif atau guru kontra produktif. Bahkan teknologi mempermudah guru menjadi guru kreatif dan produktif. Dibandingkan guru di zaman dulu, mereka mendapatkan informasi dan sumber belajar sebanyak dan semudah sekarang. Mereka harus memikirkan sendiri bagaimana menyusun dan mengembangkan RPP. Sekarang guru sangat mudah mendapatkan referensi. Salah caranya dengan pola ATM, yaitu:

  1. Amati. Yaitu mengamati RPP yang dibuat orang lain.
  2. Tiru. Yaitu meniru RPP yang baik dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  3. Modifikasi. Yaitu memperbaiki dan menyesuaikan RPP sesuai dengan kondisi yang dihadapi.

 

4. Kecenderungan berpikir bahwa RPP merupakan pemenuhan administrasi saja. Kendala ini dapat teratasi jika guru mau berubah, dari pemahaman RPP sebagai pemenuhan administrasi menuju RPP sebagai kewajiban profesional.

Apakah RPP adalah kewajiban administratif atau profesional? Kesalahan pemahaman terhadap fungsi RPP menyebabkan kekurangan perhatian terhadap RPP. Berdasarkan pemahaman di atas minimal memunculkan 5 karakter guru:

  1. Guru yang memiliki RPP yang baik dan Proses Pembelajaran baik serta keduanya sesuai
  2. Guru yang memiliki RPP yang baik dan Proses Pembelajaran yang baik tapi tidak ada kesesuaian antara RPP dan Proses.
  3. Guru yang memiliki RPP yang baik tapi tidak menjalankan proses pembelajaran dengan baik.
  4. Guru yang tidak memiliki RPP tapi menjalankan proses pembelajaran dengan baik.
  5. Guru yang tidak memiliki RPP dan tidak tidak menjalankan proses pembelajaran dengan baik.

Lalu dimanakah mayoritas guru berada?

 

 

Sebelumnya

 

1124

Yunandra

Yunandra adalah Identitas seorang Pengawas Madrasah/Konsultan/Praktisi Pendidikan Islam yang memiliki keinginan berbagi dan memberi untuk hidup lebih baik. Adapun kata yunandra berasal dari dua nama yang digabungkan dengan kata “and”. Harapannya adalah Segala kebaikan yang dilakukan menjadi Amal Jariah bagi pasangan juga. Salam Sharing and Giving

Leave a Reply