Kontribusi Pendidikan Islam Dalam Mencerdaskan Bangsa

Pendidikan Islam memiliki kontribusi yang besar dalam rangka mencerdaskan bangsa. Ada sekitar 8 juta peserta didik yang belajar di madrasah dan ada 7 juta santri. Secara total pendidikan islam berkontribusi mencerdaskan 15 juta anak bangsa. Demikian sambutan sekretaris direktorat jenderal pendidikan islam, Prof. Dr. Phil. Kamarudin Amin, MA. dalam Acara Workshop Penguatan Kompetensi Pengawas Madrasah.

Pada Tanggal 18 – 20 Juli, Kasubdit Ketenagaan Direktorat Pendidikan Madrasah Menyelenggarakan Penguatan Kompetensi Pengawas Madrasah di Hotel Sahira Butik di Kota Bogor. Kepala Kasubdit Ketenagaan, Drs. Syafi’i, M.Ag. sebagai ketua pelaksana, menjelaskan bahwa workshop ini merupakan workshop kedua setelah workshop pertama yang diadakan di Hotel Horison. Tujuan dari kedua workshop tersebut adalah menghasilkan 5 panduan sebagai turunan dari Peraturan Meneri Agama (PMA) no. 31 tahun 2013 tentang perubahan PMA no. 2 tahun 2012 tentang Pengawas Madrasah dan Pengawas Pendidikan Agama Islam.

Kegiatan Workshop diikuti oleh beberapa unsur yaitu dari unsur akademisi atau perguruan tinggi, unsur widyaswara, unsur Kemendikbud, unsur kepala madrasah, dan yang paling utama dari unsur pengawas madrasah. Drs. Syafi’i, M.Ag. menegaskan alasan melibatkan berbagai unsur dalam rangka menghasilkan panduan-panduan yang berkualitas.

Pada Acara pembukaan workshop, Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Prof. Dr. H. Kamaruddin Amin, MA. memberikan sambutan sekaligus membuka acara workshop secara resmi.

Dalam sambutanya, beliau menjelaskan tentang peran pendidikan Islam dalam mencerdaskan bangsa. Walaupun dari struktur anggaran sangat jauh dari yang diharapkan. Seperti dalam beberapa kesempatan, Sekjen Dirjen Pendidikan Islam mengangkat sebuah wacana tentang perlunya pemekaran Direktorat Jnderal Pendidikan Islam. Beliau memberi contoh bagian pendataan yang ditangani oleh esselon IV yang memiliki 5 staf. Sedangkan tugasnya adalah mendata semua madrasah seluruh Indonesia. Suatu pekerjaan yang berat.

Sebagai Sekjen Yang bertanggung jawab perjalanan pendidikan Islam, Prof. Dr. H. Kamaruddin Amin, MA. menghibau kepada para peserta workshop untuk memiliki komitmen bersama dalam menghadapi segala tantangan sehingga apapun tugas dan kewajibannya bisa dilaksanakan dengan baik.

 

Sumber:

1. PMA no 2 Tahun 2012

2. PMA no. 31 Tahun 2013

 

2885