Laporan Pelaksanaan Pembelajaran Online

A. Belajar dari Rumah

Berkembangnya virus Covid-19 menuntut perubahan pembelajaran di ruang kelas beralih ke pembelajaran dari Rumah.

Pemerintah mengeluarkan kebijakan melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dan Kementerian Agama tentang belajar dari rumah. Kebijakan ini dilakukan dalam rangka memutus penyebaran Covid-19 di Indonesia melalui Social Distancing dan Physical Distancing.

Pembelajaran jarak jauh menjadi pilihan utama dalam rangka menjaga proses pembelajaran tetap berlangsung. Setiap Madrasah atau sekolah dituntut untuk membiasakan pembelajaran jarak jauh.

B. Pembelajaran Jarak Jauh

Menurut Wikipedia, Pendidikan jarak jauh (bahasa Inggris: distance education) adalah pendidikan formal berbasis lembaga yang peserta didik dan instrukturnya berada di lokasi terpisah sehingga memerlukan sistem telekomunikasi interaktif untuk menghubungkan keduanya dan berbagai sumber daya yang diperlukan di dalamnya.

Pembelajaran jarak jauh terbagi dua:

  1. Pembelajaran Sinkron (Synchronous Learning) yaitu pembelajaran online yang dilakukan dengan bantuan ruang komunikasi secara langsung antara guru dengan peserta didik. Peserta didik bisa mengajukan pertanyaan secara langsung kepada guru. Aplikasi yang digunakan Video Conference atau video call, seperti Zoom, Skype, Google Meet, Microsoft Teams dll.
  2. Pembelajaran Asinkron (Asynchronous Learning)
    Yaitu pembelajaran yang dapat dilakukan secara online dan offline dengan cara mengirim materi melalui web, email atau media sosial, dimana peserta didik tidak memiliki ruang komunikasi langsung dengan guru. Aplikasi yang digunakan seperti LMS, Web, Email, Whatsaap, dll

Peran pengawas madrasah dalam proses pembelajaran jarak jarak jauh adalah melaksanakan pembinaan jarak jauh dan memantau madrasah atau guru-guru dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh.

Berikut data laporan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (online atau ffline) dari setiap Madrasah binaan

C. Data Madrasah

1. KKM Cilandak

Data Madrasah KKM Cilandak yang melaporkan pelaksanaan pembelajaran online dengan jumlah guru setiap madrasah sebagai berikut ini.



2. RA Cilandak

Data Raudhatul Athfal (RA) yang berada di kecamatan Cilandak yang telah memberikan laporan mingguan dan jumlah gurunya, sebagai berikut:



3. Madrasah Al Azhar Asy Syarif

Data Madrasah Al Azhar Asyarif Indonesia yang telah memberikan laporan mingguan dan jumlah gurunya, sebagai berikut:



4. KKM Tebet

Rekapitulasi Madrasah KKM Tebet yang melaporkan pelaksanaan pembelajaran online berikut ini.



5. RA Tebet

Data Raudlatul Athfal (RA) di kecamatan Tebet yang telah mengirimkan laporan mingguan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dan jumlah guru adalah sebagai berikut:



D. Strategi Pembelajaran Jarak Jauh

1. Kecamatan Cilandak

Pada proses pembelajaran jarak jauh, banyak aplikasi yang bisa digunakan oleh guru-guru. Berikut beberapa aplikasi yang sering digunakan oleh Madrasah atau RA di kecamatan Cilandak dalam pembelajaran Online

2. Kecamatan Tebet

Pada proses pembelajaran jarak jauh, banyak aplikasi yang bisa digunakan oleh guru-guru. Berikut beberapa aplikasi yang sering digunakan oleh Madrasah dan Raudlatul Athfal (RA) di KecamatanTebet dalam pembelajaran Online

E. Output Pembelajaran Jarak Jauh

Output dari pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang dilakukan oleh guru terhadap peserta didik di Madrasah dan RA di kecamatan Cilandak sebagai berikut:

Output dari pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang dilakukan oleh guru terhadap peserta didik di Madrasah dan RA di kecamatan Tebet sebagai berikut:

1155

Yunandra

Yunandra adalah Pengawas Madrasah/Konsultan/Praktisi Pendidikan Islam yang ingin berbagi dan memberi untuk hidup lebih baik. Kata yunandra merupakan dua nama digabung dengan kata “and”. Harapannya segala kebaikan yang dilakukan menjadi Amal Jariah berdua.