Lombok, Pulau Seribu Masjid Sebagai Tujuan Wisata Religi

masjid-islamic-center-lombok-yunandraWisata Religi di Pulau Lombok

Pulau Lombok dikenal dengan Pulau seribu Masjid. Mayoritas penduduknya beragama Islam dan Masjid-masjid besar berdiri megah di setiap desa. Bentuk Masjidnya memiliki ciri dengan kubah besar dan menara yang menjulang tinggi. Pada Saat ini, Pemerintah Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) sedang membangun Masjid terbesar yaitu Masjid Islamic Center. Masjid ini berada di tengah kota Mataram, Ibukota Nusa Tenggara Barat. Rencannya bangunan masjid ini dapat menampung 15.000 orang.

Masjid Islamic Center ini diharapkan menjadi objek wisata religi di pulau Lombok. Posisinya sama dengan dengan masjid Istiqlal di Jakarta, Masjid Agung di Bandung, an Masjid Kubah Emas di Depok.  Para pengunjung dapat mengambil photo di sekitar masjid dan bisa naik ke menara Islamic center untuk meilhat pulau Lombok

Selain Masjid, pulau Lombok menyimpan keindahan Alam yang luar biasa, yang dapat menarik para wisatawan untuk datang ke pulau Lombok, seperti gunung Rinjani, pantai Senggigi, dan 3 gili yaitu Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air.

Salah satu tempata wisata yang tidak boleh terlewatkan bagi para wisatawan domistik maupun mancanegara  adalah Pantai Senggigi. Pantai Senggingi membentang lurus sepanjang 10 Km. Pantai yang memiliki pasir yang putih bersih dan air laut yang jernih menjadi daya tarik untuk dikunjungi. Ombak yanga cenderung tenang memberikan kesempatan kepada para pengunjung untuk melakukan berbagai orah raga air seperti surfing, berenang, atau sekedar main di pantai. Posisi pantai yang menghadap Barat, membuat para pengujung bisa menikmati matahari terbenam di sore hari.

Lokasi Pantai Senggigi berada di Lombok Barat. Jika berangkat dari Bandara Internasional Praya di lombok Tengah, dapat menggunakan taxi bandara dengan jarak tempuh 2 jam dan tarif sekitar 200 rb.

Dari Pantai Senggigi, Travel-travel menyediakan paket perjalan wisata ke tiga pulau indah, yaitu Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Jarak tempuh dari Pantai Senggigi ke Giri Trawangan sekitar 30 menit. Selain itu tersedia paket yang langsung ke padangbai Bali.

Wisata bukan sekedar wisata. Wisata bukan hanya menyegarkan dan menyenangkan hati. Kemegahan masjid Islamic Center, Keindahan Pantai Senggi, dan tempat wisata lainnya. Bukan hanya menjadi tempat bersenang-senang. Tapi itu semua merupakan Sarana untuk melihat dan menikmat kekuasaan dan keindahan sang Pencipta. Selanjtunya, dapat mengambil pelajaran dan hikmat dari apa yang dilihat dan diamat. Dalam bahasa lain Tadbbur Alam.  Tadabur alam memmbing untuk mengerti konteks, hukum-hukum kausalitas, dan hidup harmoni dengan alam. Pelajaran itu akan  memberi efek positif terhadap keimanan yaitu hamba yang bersyukur dan bertambah keimanan dan ketakwaan kepada Allah swt.  Dan Akan terucap adalah kalimat Alhamdulilah dan Allahuakbar. p>

202

%d bloggers like this: