Masjid Al Muttaqin Sedawar Kutai Barat

Masjid Islamic Center Kutai Barat

Kabupaten Kutai Barat (Kubar) adalah Salah satu kabupaten di provinsi Kalimantan Timur pemekaran dari kabupaten Kutai berdasarkan UU no. 47 tahun 1999. Tahun 2013, Kabupaten Kutai Barat dimekarkan lagi melahirkan kabupaten baru yaitu kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) Berdasarkan UU No. 2 Tahun 2013.(wikipedia)

Kutai Barat (Kubar) memiliki ibukota bernama kota Sendawar. Jarak dari Kota Samarinda sebagai Ibukota Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) sekitar 312 Km. Jarak tempuh tersebut dengan rute tercepat memerlukan sekitar 7 jam 48 menit menggunakan mobil. atau Rata-rata perjalanan darat  sekitar antar 7 sampai 8 jam perjalanan.

Untuk orang yang menyukai pemandangan alam, pegunungan dan tidak terburu-buru, perjalan darat menjadi pilihan yang baik. Bagi pendidik, jika menggunakan perjalan darat, biasanya dianjurkan mampir ke SDN 010 Jambuk Makmuk (dikenal dengan SDN 10 Bongan) di kecamatan Bongan. Lokasinya di tengah perjalan antara Kota sedawar Kutai Barat dan Kota samarindah atau Sekitar 4 jam dari kota Samarinda dan 4 jam dari Sedawar Ibukota Kutai Barat.

SDN Bongan merupakan pilot projek sekolah binaan WWF (World Wide Fund for Nature) Indonesia. WWF (adalah sebuah organisasi non-pemerintah internasional yang menangani masalah-masalah tentang konservasi, penelitian dan restorasi lingkungan, dulunya bernama World Wildlife Fund dan masih menjadi nama resmi di Kanada dan Amerika Serikat.

Selain perjalanan darat, transfortasi yang tersedia dari Samarinda ke Kutai Barat melalui perjalalan udara dengan menggunakan pesawat kecil di Bandara yang kecil juga. Dari bandara Temindung (Bandara di Samarinda) menuju ke Bandara Melalan (Bandara di Melak, walaupun termasuk daerah Barong Tongkok) membutuhkan sekitar 30 menit perjalan.

Pesawat yang menyediakan perjalanan dari Melak ke Samarinda atau sebaliknya adalah Xpress Air, Kalstar dan susi air. Jadwal pernebanganya berbeda-beda, di awal 2018, penerbangan terbatas seminggu 2 sampai 3 kali seminggu, mungkin sekarang ini, jadwal penerbangan mulai banyak seiring berkembangnya kabupaten Kutai Barat.

Kutai Barat memiliki islamic center yang dibangun sebuah masjid agung di kecamatan Melak Kutai Barat. Pada tanggal 25 Juni 2017 atau 1 Syawal 1438 H, Masjid Islamic Center diberi nama Masjid Al-Muttaqin Islamic Center Sendawar Kutai Barat. Nama tersebut diresmikan oleh Wakil Bupati setelah menyeleksi 27 nama yang terdaftar di lomba pemilihan nama masjid Islamici center.

Masjid Al-Muttaqin Islamic Center memiliki daya tampung kurang lebih 3.00 orang. Arsitek bangunannya hampir sama dengan arsitektur masjid-masjid Islamic center yang tersebar di seluruh Indoensia. Bangunan masjid dilengkapi dengan dua bangunan Menara yang terletak di sisi timur dan sisi barat masjid dengan ketinggian sekitar 27 meter.

Luas areal Islamic Center sekitar 4 hektar. Selain masjid, terdapat beberapa bangunan seperti tempat pendidikan al-quran, perpustakaan dan asrama. Hal ini tidak lepas dari fungsi Islamic Center, seperti yang tertulis di Buku Petunjuk Pelaksanaan Proyek Islamic center di seluruh Indonesia, Fungsi Islamic center adalah sebagai pusat pembinaan dan pengembangan agama Islam, yang berperan sebagai mimbar pelaksanaan da’wah dalam era pembangunan.

Pendatang baru di Kutai barat, baik yang sedang berwisata atau perjalan dinas, dan akan berlamalam di Kutai Barat, serta ingin dekat dengan masjid Al-Muttaqin  Islamic Center, dapat menginap di hotel Mahakam Asri, posisi penginapan tepat di seberang masjid Islamic Center. 

Selain tempat penginapan, Hotel Mahamam Asri menyediakan ruang pertemuan. Biasanya digunakan oleh Instansi-Instansi pemerintah atau swasta sebagai tempat seminar, workshop, pelatihan atau kegiatan lainya.

 

 

87

Yunandra

Yunandra adalah Pengawas Madrasah/Konsultan/Praktisi Pendidikan Islam yang ingin berbagi dan memberi untuk hidup lebih baik. Kata yunandra merupakan dua nama digabung dengan kata “and”. Harapannya segala kebaikan yang dilakukan menjadi Amal Jariah berdua.