Moodle: Mengatur Top Menu Bar Pada Moodle

Menambah Menu Bar Pada Moodle

Moodle sudah dipelajari sejak lama ketika ada keinginan membuat dan mengelola pembelajaran online sendiri. tujuanya untuk memaksimalkan tugas dan fungsinya sebagai pengawas madrasah dalam membina beberapa madrasah yang menjadi tanggungjawabnya. Sehingga melalui E-Learning atau pembelajaran online akan membuat pembinaan madrasah menjadi tanpa bantas.

Diawali dengan mencari program yang mendukung pembuatan website e-learning, ditemukan beberapa program e-learning, salah satunya adalah program Moodle. Moodle merupakan program e-learning yang dianggap paling mudah dipelajari dan lebih sederhana. Ukuran mudah dipelajari yaitu dapat dipelajari secara mandiri melalui pencarian materi-materi yang didapat di internet. sederhana artinya fitur-fitur yang disediakan sangat sederhana tidak membutuhkan kemampuan teknologi komputer atau teknologi informasi yang tinggi.

Akhirnya berhasil membuat dan menerbitkan website pembelajaran online atau E-Learning dengan nama  Madrasah Yunandra.

Maklum belajar mandiri, sering ketemu kendala-kendala dalam mengatur tampilan website e-learning. Terkadang bisa ketemu solusinya, tapi paling sering tidak  ketemu solusinya. Akibatnya website Madrasah Yunandra tidak bisa berkembang dan tertunda beberapa lama.

Mulai tertarik kembali mempelajari Moodle ketika mendapat amanat untuk mengajar di perguruan tinggi. mungkin ini menjadi kesempatan untuk mengaktifkan kembali webiste e-learning Madrasah yunandra. harapanya, Madrasah yunandra menjadi fasilitas perkuliah online. selanjutnya menjadi fasilitas pembinaan, pembimbingan, dan pelatihan Online.

Agar ada rekam jejak dalam mempelajari moodle dan telah dipraktekan dalam mengelola website Madrasah Yunandra, maka perlu diabadikan setiap capaian dalam bentuk tulisan. sehingga jika lupa dapat membuka kembali tulisan tersebut.

Kesempatan ini, materi Moodle  yang dipelajari dan diterapkan dalam mengatur website Madrasah yunandra adalah cara mengatur menu bar atau menambah menu item di Moodle

Moodle memiliki satu custom menu standar yaitu HOME. Home diklik akan menuju ke halaman utama Moodle. Posisi Home berada di bawah header moodle.

Custom menu sebagai fasilitas di moodle dapat ditambahkan beberapa menu-menu. Menu tersebut diisi link yang menuju page lain, atau posting lain, dan bisa ke media web lain.

Berikut ini dijelaskan urutan cara menambahkan custom menu pada moodle, sebagai berikut:
1. Login sebagai administrator moodle

2. Aktifkan hidupkan mode ubah dengan cara klik Turn Editing Onpada bagian Settings

3. Klik Theme settings pada bagian Settings – Site administration – Appearance – Themes – Theme settings

4. Pada halaman Theme settings, arahkan perhatian pada bagian Custom menu items, pada bagian ini dimasukkan menu-menu yang ingin ditambahkan dengan cara memasukkan kode di bawah ini:

Home | http://alamatmoodle.com
Menu1(Pemetaan) | http://alamatmoodlemenu1.com
Menu2 (Pembinaan)
Sub menu1 | link sub menu 1
Sub menu2 | link sub menu 2
Menu3 (Pelatihan)
Sub menu1
Sub submenu1 | link sub submenu 1
Sub submenu2 | link sub submenu 2
Sub submenu3 | link sub submenu 3
Sub menu2
Sub submenu1 | link sub submenu 1
Sub submenu2 | link sub submenu 2

Keterangan:

  • Garis lurus ( | ) adalah pembatasan antara nama menu dan target link
  • Garis Horisontal ( – ) adalah tanda sub menu.
  • Double Garis Horisontal (–) adalah tanda sub Submenu.

5. Menu dapat diganti dengan nama menu sesuai keinginan, ganti Link dapat diganti dengan alamat link yang akan dituju.

6. Selesai

 

 

49

Yunandra

Yunandra adalah Pengawas Madrasah/Konsultan/Praktisi Pendidikan Islam yang ingin berbagi dan memberi untuk hidup lebih baik. Kata yunandra merupakan dua nama digabung dengan kata “and”. Harapannya segala kebaikan yang dilakukan menjadi Amal Jariah berdua.