Pelatihan Blog Bagi Operator MI se Cilandak

MI Nurul Huda. Hari Jum’at, 25 Mei 2012, KKMI Cilandak mengadakan pelatihan pembuatan Blog bagi operator Madrasah di MI Nurul Huda Karang Tengah Cilandak Jakarta Selatan. Kegiatan ini hasil kerja sama dengan pengawas Madrasah yang sekaligus sebagai tutor pelatihan tersebut.

Kegiatan ini diadakan sebagai tindak lanjut dari hasil rapat Kelompok Kerja Kepala Madrasah Ibtidaiyah (KKKMI) Cilandak yang diselenggarakan bulan di Madrasah Ibtidaiyah Al Barkah Cipete Selatan. Dimana pada rapat tersebut, terbuat blog KKMI Cilandak pertama kali dengan alamat www.kkmicilandak.blogspot.com. Website gratis menjadi pilihan pertama bagi KKMi CIlandak sebelum memiliki website yang berbayar.

Alasan pemilihan blog gratis yaitu belum banyak konten yang bisa di posting, dan yang paling penting belum ada sumber daya manusia yang siap menjadi operator website. Untuk mengatasi masalah pertama, dibuat blog gratisan sebagai sarana mengumpulkan konten sebanyak mungkin, sehingga setelah terkumpul konten yang banyak, bisa di transfer ke website berbayar.

Adapun masalah sdm operator website, perlu diadakan pelatihan khusus pembuatan blog dan cara mengelolanya. Selama ini KKMI Cilandak memiliki tim operator komputer beranggotakan para operator dari tiap madrasah Ibtidaiyah se-Cilandak. Tim ini Khusus menangani masalah pengisian data siswa seperti EMIS maupun pelaporan berbentuk softcopy.

Program Pelatihan IT terwujud pada akhir Mei ini memberikan wawasan baru yang tentunya memberikan energi positif bagi perkembangan Madrasah umumnya dan Madrasah Ibtidaiyah se Cilandak khususnya.

Pelatihan ini memberikan solusi kreatif bagi Madrasah Ibtidaiyah untuk memiliki blog madrasah sendiri dengan tenaga ahli yang dimilikinya tanpa mengandalkan dari yang lain. walaupun satu kali pelatihan belum cukup menguasai seluruh ketrampilan yang harus dimiliki oleh para operator, tapi minimal memberikan beberapa bekal inti yang akan menjadi dasar pengembangan selanjutnya. Bekal inti tersebut adalah

  1. Membuat email lewat gmail
  2. Membuat blogger

Penguasaan dua hal diatas akan mempermudah bagi pertemuan yang akan datang. Rencana pelatihan kedua akan disesuaikan dengan jadwal kegiatan pengawas Madrasah sebagai tutornya.

Selain itu, manfaat memiliki blog adalah mengalihkan peran dari user (pengguna) menjadi  owner (pemilik) sekaligus provider (penyedia). Dengan memiliki blog, akan mendapat peluang untuk menyebarkan informasi yang baik dan bermanfaat. Sehingga bisa membentengi informasi yang salah dari internet.

Semoga bekal yang sedikit tersebut bisa memudahkan para operator untuk lebih berimprovisasi dengan idenya. amin 

547