Pelepasan Pengawas PAI Purnabakti

Kepala Kementerian Agama Kota Jakarta Selatan mengatakan bahwa Pensiun bukan berarti akhir dari aktifitas. H. Karsa Sukarsa menekankan pernyataan tersebut dalam sambutanya pada acara pelepasan pengawas Pendidikan Agama Islam Jakarta Selatan yang telah purnabakti sebagai pegawai negeri sipil (PNS).

Acara Pelepasan Pengawas Pendidikan Agama Islam purnabakti merupakan program kegiatan tahunan kelompok kerja pengawas (pokjawas) Pendidikan Agama Islam Jakarta Selatan. Hal ini sebagai penghormatan atas jasa dan baktinya para pengawas pendidikan agama Islam selama menjadi pegawai negeri sipil (PNS) umumnya, dan sebagai pengawas pendidikan Agama Islam khususnya.

Pada tahun sebelumnya, Acara pelepasan Pengawas yang purnabakti diadakan di puncak Bogor dengan acara menginap semalam. Pada tahun ini, Pengurus Kelompok Kerja Pengawas (POKJAWAS) Pendidikan Agama Islam Jakarta selatan  memilih tempat di pinggiran kota Jakarta.

pengawas pendidikan agama islam

Panitia acara pelepasan pengawas pendidikan Agama Islam, yang dipimpin oleh Drs.Abidin, sebagai ketua panitia, memilih Griya Alam Tanah Baru Depok. Sebagai tempat acara tesebut. Griya Alam merupakan sebuah tempat yang sejuk, asri di daerah pinggiran kota Jakarta Selatan, tempatnya di Tanah baru, memiliki ruang pertemuan yang representative, serta penginapan bagi peserta, dan dikelililingi oleh kolam, taman dan hewan-hewan peliharaan yang menambah keindahan tempat tersebut.

Ketua Panitia Acara, Drs. Abidin menjelaskan bahwa Tempat yang tidak jauh dan mudah dijangkau para pengawas pendidikan Agama Islam Jakarta Selatan serta memudahkan para tamu undangan hadir pada acara tersebut, menjadi alasan penting dari pemilihan tempat acara. Disamping kondisi anggaran yang mengandalkan uang kas Kelompok Kerja Pengawas (pokjawas) pendidikan Agama Islam. (lihat videonya)

Pada Acara pelepasan tahun ini, Kelompok kerja Pengawas (POKJAWAS) Pendidikan Agama Islam melepas 5 pengawas yang telah selesai masa baktinya. Kelima pengawas tersebut adalah Dra. Hj. Ermawati pengawas pendidikan agama Islam tingkat SMA-SMK-MA, Drs.H. MArzuki Dasuki pengawas pendidikan agama Islam tingkat SMP-MTs, H. Saini Niin, S.Ag., Dra.Hj. Cholilah Abduh, dan H. Samiri, BA.. ketiganya adalah pengawas pendidikan agama Islam tingkat RA/MI-TK/SD.

Selain dihadiri oleh Kepala Kementerian Agama Jakarta Selatan, H. Karsa Sukarsa, turut pula dalam acara tersebut Kepala seksi MAPENDA Jakarta Selatan Drs.H. Aminullah, M.Pd. Manta ketua Pokjawas Jakarta Selatan dan sekarang menjadi Sekretaris Dewan Pendidikan Jakarta Selatan, H. Mahaly Harahap, serta para pengawas pendidikan Agama Islam yang telah purnabakti.

Ketua Kelompok Kerja (Pokjawas) Pendidikan Agama Islam Jakarta Selatan, Drs. H. Marfuddin, M.Pd menyampaikan salah satu tujuan acara ini yaitu menjadi ajang silaturahmi  para pengawas yang telah pensiun (purbakti). Beliau menjelaskan juga kondisi pengawas pendidikan Agama Islam yang mulai berkurang. Sekarang ini jumlah pengawas pendidikan agama Islam sekitar 28 orang se Jakarta Selatan.

Setiap tahun pengawas Pendidikan Agama Islam mengalami penyusutan. Drs. H. Marfuddin menggatakan bahwa jumlah pengawas pada awal tahun 2000-an sekitar 70 orang. Perbandingan antara pengawas madrasah/pendidikan agama Islam yang pensiun dengan Pengawas baru sangat jauh. Sehingga ada kemungkinan tidak ada acara pelepasan pengawas lagi karena sudah tidak ada pengawas lagi atau sedikit jumlah pengawasnya.

H. Karsa Sukarsa, Kepala Kementerian Agama Jakarta Selatan menyampaikan beberapa pesan kepada para pengawas Pendidikan Agama Islam yang telah purna tugas dengan 4 pesan utama yaitu pertama pensiun bukan akhir dari aktifitas. Kedua, Para pengawas pendidikan Agama Islam telah khusnul khatimah. Ketiga, Telah menjadi Tauladan bagi semua orang. Yang terakhir para pengawas telah menjadi pelaku sejarah bukan pengamat sejarah. (lihat videonya)

Acara pelepasan Pengawas pendidikan agama Islam dilanjutkan dengan acara penyerahkan plakat piagam penghargaan yang diberikan oleh Kepala Kementerian Agama kota Jakarta selatan, kenang-kenang yang diserahkan oleh Kasi Mapenda Jakarta Selatan, dan Parsel dari Penasehat Kelompok Kerja Pengawas H. Mahaly Harahap. Acara ditutp dengan  makan siang yang telah disiapkan oleh panitia acara pelepasan. Drs. Abidin MM. Pengawas Pendidikan Agama Islam tingkat SMP/MTs.

 

 

576