Pendidikan Islam Dengan 4 Kebijakan di Kemenag

Pendidikan Islam memiliki 4 kebijakan. Seperti Yang disampaikan Sekretaris Jenderal Kemenag Bahrul Hayat bahwa Kementerian Agama  akan memprioritaskan 4 kebijakan pendidikan Islam  pada 2014, antara lain meliputi : Pendidikan Menengah Universal (PMU), implementasi kurikulum 2013, alokasi bantuan siswa miskin dan membangun sekitar 12 Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia ( MAN IC ) baru di beberapa provinsi. (Jakarta, 22/7/2013).

Pendidikan Menengah Universal  merupakan program perluasan pendidikan untuk madrasah aliyah dan SMA.  Pada 2014/2015 implementasi kurikulum 2013 akan diterapkan di madrasah secara serentak di semua kelas 1, 4, 7 dan kelas 10.  setidaknya ada 6.250 sekolah yang ditetapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  untuk menerapkan kurikulum 2013 di tahun pelajaran 2013-2014, yang didalamnya ada guru agama Islam. “Karena Kemendikbud melaksanakannya tahun ini, guru agamanya pun ikut, maka kami fokus pada kesiapan guru,”  ujar Bahrul Hayat

Kemeterian Agama konsistensi untuk mengalokasikan 40% anggaran untuk bantuan siswa miskin “Kalau Kemendikbud pada kisaran 25%, Kemenag menganggarkan pada angka 40% rata – rata. Jadi setiap madrasah, termasuk swasta, 40% dari seluruh siswanya yang masuk kategori miskin akan diberi bantuan mulai dari Madrasah Ibtidaiyah (MI) sampai Perguruan Tinggi Agama (PTA) .

Ia menambahkan, Kemenag menargetkan membangun 12 Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia di beberapa provinsi, mengingat prestasi yang telah diukir oleh MAN IC Serpong yang menduduki rangking kedua nasional dalam peringkat hasil nilai UN untuk seluruh Madrasah Aliyah dan SMA, “Hasil UN Madrasah Tsanawiyah (MTs) pun lebih baik dari SMP” ujarnya.

 

sumber: madrasah.kemenag.go.id

2174