Pengertian Pendidikan Islam

Istilah pendidikan Islam dapat dipahami dari tiga sudut pandang, yaitu: (a) pendidikan agama Islam (b) pendidikan dalam Islam (c) pendidikan menurut Islam. Dalam kerangka akademik, ketiga sudut pandang itu harus dibedakan dengan tegas, karena ketiganya akan melahirkan disiplin ilmu sendiri-sendiri.

Pendidikan agama Islam menunjuk kepada proses operasional dalam usaha pendidikan ajaran-ajaran agama Islam. Pendekatan ini kelak menjadi bahan kajian dalam “Ilmu Pendidikan Islam Teoretis”. Pendidikan dalam Islam bersifat sosio-historis, dan menjadi bahan kajian dalam “Sejarah Pendidikan Islam”. Sedangkan pendidikan menurut Islam bersifat normatif, dan menjadi bahan kajian dalam “Filsafat Pendidikan Islam”.(Maksum,1999)

M. Kanal, sebagaimana yang dikutip Taufiq Abdullah dan Sharon Siddique yang mendefinisikan bahwa pendidikan Islam adalah ”suatu proses yang komprehensif dari pengembangan kepribadian manusia secara keseluruhan, yang meliputi bidang intelektual, spiritual, emosi dan fisik.”

Yusuf Qardhawi, Pendidikan Islam adalah pendidikan manusia seutuhnya; akal dan hatinya, rohani dan jasmaninya; akhlak dan keterampilannya. Karena pendidikan Islam menyiapkan manusia untuk hidup, baik dalam tenang dan perang, dan menyiapkan untuk menghadapi masyarakat denga segala kebaikaian dan akejahatannya, manis dan pahitnya.” (Yusuf Qardhawi,1980)

Hasan langgulung, pendidikan Islam adalah proses penyiapan generasi muda untuk mengisi peranan, memindahkan pengetahuan dan nilai-nilai Islam yang diselaraskan dengan fungsi manusia untuk beramal di dunia dan memetik hasilnya di akhirat.” ( Hasan langgulung,1980)

Endang Syaefudin Anshori, pendidikan Islam adalah Proses bimbingan (pimpinan, tuntunan, usulan) oleh subjek didik terhadap perkembangan jiwa (pikiran, perasaan, intuisi dan lain sebagainya) dan raga objek didik dengan bahan-bahan materi tertentu dan dengan alat perlengkapan yang ada ke arah terciptanya pribadi tertentu disertai evaluasi sesuai dengan ajaran Islam. (Endang Syaefudin Anshari,1976)

Ahmad D. Marimba, Pendidikan Islam adalah bimbingan jasmani rohani, berdasarkan hukum-hukum agama Islam menuju kepada terbentuknya kepribadian utama menurut ukuran-ukuran Islam. (Ahmad D. Marimba, 1980)

Ahmad Tafsir lebih memilih menggunakan istilah pendidikan Islami dibanding pendidikan Islam, karena istilah pendidikan Islam hampir sama atau saling dipertukarkan dengan pendidikan agamaIslam. Menurut beliau, Pendidikan Islami adalah pendidikan yang berdasarkan nilai-nilai Islam.

Muhaimin memberikan definisi pendidikan Islam menjadi dua, pertama, pendidikan Islam merupakan aktivitas pendidikan yang diselenggarakan atau didirikan dengan hasrat dan niat untuk mengejawantahkan ajaran dan nila-nilai Islam. Kedua, pendidikan Islam adalah sistem pendidikan yang dikembangkan dari dan disemangati atau dijiwai oleh ajaran dan nilai-nilai Islam. Definisi pertama lebih menekankan kepada aspek kelembagaan dan program pendidikan, sedangkan definisi kedua lebih menekankan pada aspek spirit ruh dan spirit Islam yang melekat pada setiap aktivitas pendidikan.

 

 

542

Comments are closed.