Piramid Tujuan Utama Wisata di Kota Kairo

Kurang Lengkap berwisata ke Mesir jika tidak melihat Piramid. Walaupun, Mesir memiliki berbagai tempat wisata yang menarik dan mempesona. seperti Wisata air menelusuri sungai Nil, sungai terpanjang yang membelah kota Kairo. Wisata cideramat dapat berkunjung ke Khan al Khalili, pasar  yang menyediakan oleh-oleh khas Mesir seperti papirus dan kiswah. Wisata spiritual berziarah ke Makam Imam Syafii, salah satu  dari 4 Imam yang madzhabnya banyak diikuti oleh Umat Islam di Indonesia. Wisata ilmu dapat berkunjung Masjid Dan Universitas Al Azhar yang merupakan Universitas tertua di Dunia, tapi kenapa perlu berwisata ke Piramid? kategori apa berwisata ke Piramid?

Menurut wikipedia, Piramid merupakan satu-satunya dari 7 keajaiban dunia yang bangunannya masih bertahan sejak pembangunan pertama. Piramid dibangun pada dinasti ke-4 Mesir sekitar 2575-2465 SM.

Piramid berada di Kawasan Giza atau El Giza atau dikenal juga Gizeh atau El Gizeh (Al Jizah) yang terletak di daerah dekat Kairo (Mesir). Jarak antara kota kairo dan piramid sekitar 13,5 km.
Piramid yang menjulang tinggi dapat terlihat dari kejauhan. Jika ingin melihat dari jarak dekat, Para wisatawan membeli karcis masuk areal Piramid. Biaya masuk yang harus dikeluarkan oleh Wisatawan sekitar 40 Pound Mesir.

Setelah melewati pintu gerbang, akan terlihat patung singa berkepala manusia yang dikenal dengan Sphix. Menurut wikipedia, Sphinx Agung Giza (Arab: أبو الهول‎ Abū al Hūl, bahasa Inggris: The Terrifying One) adalah satu dari beberapa patung terbesar di dunia yang terbuat dari satu batu utuh, dan dipercaya telah dibangun oleh peradaban Mesir Kuno pada milenium ketiga SM.

Di belakang Sphinx, terdapat tumpukan batu-batu besar yang membentuk piramid. Piramid yang berada di Giza berjumlah 3 piramid. Berusia lebih dari 4.500 tahun. Ketiga piramid tersebut yaitu Piramid Khufu, Piramid Khafre, dan Piramid Menkaure. Nama -nama Piramid sesuai dengan Nama raja yang membangunnya.

Pembangunan Piramid Khufu membutuhkan waktu selama 20 tahun. 4.000 tukang batu, dan ribuan pekerja. Tingginya sekitar 140 m dengan jumlah balok batu kapur sekitar 2 juta balok. berat balok batu sama beratnya dengan dua setengah gajah dewasa. Disamping Piramid Khufu berdiri  3 piramid kecil.(buku 100 pengetahuan Mesir Kuno)

Pertanyaannya, Bagaimana orang zaman dulu membangun Phiramid dari tumpukan-tumpukan batu besar? bagaimana bisa muncul ide tentang tumpukan batu menjadi sebuah Phiramid? Darimana mendatangkan batu-batu besar itu? apa bahan untuk merekatkan batu-batu tersebut sehingga kuat dan mampu bertahan sampai sekarang? apa alat untuk mengangkat batu tersebut sampai puncak Phiramid?

Pertanyaan-pertanyaan di atas menunjukan  bahwa peradaban pada masa Mesir sudah maju dan berkembang sesuai zamannya. Mesir Kuno dikuasai oleh lebih dari 30 Dinasti Berbeda. Dinasti periode awal dari tahun 3100 -2750 SM. Jadi Wisata ke Phiramid disebut sebagai wisata peradaban dan wisata budaya. Bagaimana Mereka bisa menunjukan Piramid yang dapat bertahan kokoh sampai sekarang. Hal ini sebagai bukti kemajuan peradaban dan budaya mereka pada zaman itu. bahkan pada periode tengah kedua tahun 1648-1539 sm, Nilometer diciptakan untuk menunjukan tanda ketinggian air sungai yang penting buat tanaman. 

wallahua’lam Bishawab.

 

6