Rapat Kerja 2018 PC IGRA Kebayoran Lama

Rapat Kerja Cabang IGRA Kebayoran Lama

Sebagai organisis profesi, Pengurus Cabang Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Kebayoran Lama menyelenggarakan Rapat kerja tahun 2018. Bertempat di Ruang Pertemuan Situ Gintung, dihadiri oleh para kepala Raudhatul Athfal. Raker berjalan satu hari mulai pagi sampai dengan sore.

Dalam konteks Raker, ada dua hal yang perlu diperhatikan dan menjadi produk dari raker adalah

  1. Merencanakan sebuah program berbasis pada hasil evaluasi tahun lalu dan tantangan atau tuntutan  masa depan.
  2. Menentukan skala prioritas program yang telah ditetapkan dengan mempertimbangkan urgensi dan waktu.


artikerl Lain:


Evaluasi program merupakan salah satu dari metodologi analisis PDCA lebih sering disebut “siklus Deming” atau siklus Shewhart yaitu Plan, Do, Ceck, dan Act. PDCA adalah alat yang bermanfaat untuk melakukan perbaikan secara terus menerus tanpa berhenti.

  1. Plan (Rencanakan) artinya merencanakan sasaran dan proses yang dibutuhkan untuk menentukan hasil yang sesuai dengan tujuan yang ditetapkan.
  2. Do (Kerjakan) artinya melakukan perencanaan proses yang telah ditetapkan sebelumnya.
  3. Check ( Evaluasi) artinya melakukan evaluasi terhadap sasaran dan proses serta melaporkan apa saja hasilnya.
  4. Act (Menindaklanjuti) artinya melakukan evaluasi total terhadap hasil sasaran dan proses serta menindaklanjuti dengan perbaikan-perbaikan.

Raker menjadi kesempatan melakuan evaluasi terhadap program-program IGRA tahun sebelumnya. Kemudian Hasilnya akan menjadi dasar untuk memutuskan apakah program itu perlu dilanjutkan dengan beberapa perbaikan dan peningkatan, atau diberhentikan dengan alasan tidak efektif atau relevan dengan tuntutan sekarang. Selain itu, Peserta Raker PC IGRA Kebayoran Lama perlu melihat tantangan dan tuntutan masa depan.

Biasanya, Raker menghasilkan beberapa program dan terkesan sangat ideal. Diharapkan peserta Raker menentukan skala prioritas program. Program yang sangat dibutuhan dan sesuai tantangan yang ada. Seperti tantangan terdekat adalah akreditasi Raudhatul Athfal.

Sesuai dengan tema Rakercab “Penguatan Manajemen Lembaga RA untuk Mencapai RA Hebat dan Bermartabat”, PC IGRA Keb. Lama perlu menyusun program menyiapkan Raudhatul Athfal menghadapi akreditasi.

Selain itu, program peningkatan kualifikasi dan kompetensi guru tetap menjadi program utama yang harus direncanakan oleh PC IGRA Keb. Lama. karena guru merupakan garda terdepan dalam proses pembelajaran.

7

Yunandra

Yunandra adalah Pengawas Madrasah/Konsultan/Praktisi Pendidikan Islam yang ingin berbagi dan memberi untuk hidup lebih baik. Kata yunandra merupakan dua nama digabung dengan kata “and”. Harapannya segala kebaikan yang dilakukan menjadi Amal Jariah berdua.