Tuntutan GPAI Menguasai ICT

SDN Gansel 01-02. ” Guru PAI harus bisa Internet” Kata Kasi. Dikdas Cilandak, DR. Singgih. dalam acara pembinaan GPAI se-kecamatan Cilandak. Acara berlangsung pada tanggal 27 April 2012 bertempat di SDN Gandari Selatan 01/02, dihadir oleh kepala Sekolah SDN Gansel 01 dan Gansel 02, Guru-guru PAI tingkat SD se-kecamatan Cilandak dan Pengawas PAI .

Bapak Kasi. Dikdas mempertegas akan pentingnya ICT bagi para guru-guru. sehingga guru-guru bisa memperoleh berbagai informasi yang berhubungan dengan pembelajaran PAI dari Internet. dan menganjurkan agar ada pembinaan khusus yang terkait dengan kemampuan ICT bagi Guru PAI.

 

Ajuran  Kasi. Dikdas memberikan semangat baru untuk menyusun program pembinaan guru PAI kecamatan Cilandak secara terarah. 

Program utama yang sebelumnya difokuskan pada dua tema inti yaitu:

pertama, kemampuan membaca al-Qur’an. tujuannya tidak ada lagi lulusan SD yang tidak bisa membaca Al-Qu’an. Al-Qur’an sebagai pedoman umat Islam dan menjadi dasar dalam mempelajari materi pendidikan agama Islam. karena setiap materi PAi bersumber dari Al-Qur’an. 

Kedua, kemampuan melaksankan Shalat, bacaan dan gerakan. Shalat merupakan kewajiban yang menempel bersama siswa dan tidak bisa ditunda. apalagi masa sekarang, siswa SD sudah ada yang baligh. Guru memiliki tanggungjawab besar untuk melatih siswa melaksanakan shalat.  Ilmu lain bisa ditunda dan bisa dipelajari nanti di tingkat SMP. tapi shalat tidak bisa ditunda karena kewajiban yang melekat pada pribadi siswa. 

Kedua progam diatas menjadi tolak ukur keberhasilan Guru PAI dalam melaksanakan tugasnya. acara pembinaan diadakan secara rutin dalam rangka membicarakan strategi dan metode yang bagus untuk mencapai kedua program itu. sumbangsih dan sharing diantara guru sangat bermanfaat dalam menemukan metode dan straategi terbaik.


Hasil pertemuan tanggal 27 April dan sesuai pembinaan Bapak Kasi. Dikdas Cilandak, program pembinaan GPAI bertambah satu yaitu kemampuan ICT.


Pembicaraan strategi pelaksanaan ICT secara informal berlangsung setelah acara pembinaan ditutup. Ide yang muncul adalah pertemuan yang akan datang difokuskan kepada pelatihan ICT. diawali dengan pemetaaan kemampuan ICT guru-guru, sehingga akan tersusun kelompok belajar berdasarkan tingkat kemampuan ICTnya.


Mudah-mudahan, ketiga program diatas bisa berjalan dengan baik, dan akan terus di monitoring dan dievaluasi setiap saat. secara ringkas program inti pembinaan GPAI yaitu:

  1. Kemampuan Baca Al-Qur’an
  2. Praktek Shalat
  3. ICT

398