Cara memanfaatkan Google Drive di SmartPhone Android (GD#07)

Beberapa hal yang membedakan Google Drive di Desktop atau Laptop dengan Google Drive versi Android. Perbedaan lebih banyak pada tampilan menu atau peletakan menu-menu. Adapun fungsi atau tata cara menu sama dengan Google Drive versi Desktop atau Laptop.

Ada beberapa yang akan dibahas dalam tulis ini, yaitu:

1. Tampilan Google Drive di Android

Google Drive di Android tidak secara otomatis ada di Android. Pemilik Smartphone Android diminta untuk mendownload dulu aplikasi Google Drive, biasanya melalui Google Playstore.

Jika sudah mendownload aplikasi Google Drive, maka muncul Icon/Simbol Google Drive di Smartphone Android. Seperti yang ada di gambar bawah ini:

Tampilan Google Drive di Android

Sama seperti di Google Drive versi Desktop, syarat masuk ke Google Drive perlu memiliki akun google atau akun gmail. biasanya di Androis sudah terbuka emailnya, maka langsung bisa mengklik Icon Google Drive.

2. Tampilan Menu Utama Google Drive versi Android

Setelah mengklik icon Google Drive maka akan masuk ke Google Drive dengan 4 menu utama (berbentuk Icon) yang terletak di layar bawah. Keempat menu tersebut memiliki tampilan yang berbeda-beda. Berikut 3 tampilan menu utama (Lihat gambar),  yaitu:

Menu Utama Google Drive di Android

A. Gambar A ( Beranda)

Pada Gambar A merupakan tampilan menu utama Beranda/Home dengan simbol rumah. Setelah diaktifkan tombol menu Beranda/Home di gambar A, Berikut tampilannya A yaitu

  1. Icon huruf merupakan icon profil pemilik email, biasanya dengan simbol huruf pertama pemilik email. Pemilik email dapat merubah profil dengan photo. Perubahan icon profil tidak bisa dilakukan di Android, tapi merubahnya di Komputer Desktop atau laptop.
  2. File-file yang ada di Google Drive. Bisa diupload sendiri atau file yang dibagikan orang lain. Kalau pertama kali, biasanya tampilanya kosong

B. Gambar B (Berbintang)

Pada Gambar B merupakan tampilan menu utama berbintang/Stars dengan icon bintang. Artinya file atau folder yang berada di layar ini adalah file atau folder menurut pemiliki Google Drive. Ketika diaktifkan tombol Bintang di gambar B, maka tampilan sebagai berikut:

  1. Icon huruf merupakan icon profil pemilik email, biasanya dengan simbol huruf pertama pemilik email. Pemilik email dapat merubah icon profil dengan photo. Perubahan icon profil tidak bisa dilakukan di Android, tapi dirubahnya di Komputer Desktop atau laptop.
  2. Jika belum pernah memberikan tanda bintang di File atau folder, maka tampilnya akan kosong.

C. Gambar C (Dibagikan)

Pada Gambar C merupakan tampilan menu utama Dibagikan/Share dengan simbol dua orang, yaitu File atau Folder yang dibagikan orang lain ke kita. Ketika Tombol Share di gambar C, maka tampilan halaman utama sebagai berikut

  1. Icon huruf merupakan icon profil pemilik email, biasanya dengan simbol huruf pertama pemilik email. Pemilik email dapat merubah icon profil dengan photo. Perubahan icon profil tidak bisa dilakukan di Android, tapi dirubahnya di Komputer Desktop atau laptop.
  2. File-file atau Folder yang telah dibagikan orang lain ke kita. Jika tampilanya kosong berarti belum ada file atau folder yang dibagikan ke kita.

3. Tampilan Menu “File” di Google Drive

Menu utama di Google drive terdiri dari Home, Stars, Share, dan File. Tiga menu utama telah dijelaskan sebelumnya. Selanjutnya adalah menu “File” yaitu file dan folder yang tersimpan di Google Drive.

Ketika tombol ”File” aktif, maka yang akan tampil di layar sebagai berikut:

  1. Icon profil pemilik email. Pemilik email dapat merubah icon profil dengan photo dengan menggunakan Komputer Desktop atau laptop.
  2. Menu “Drive saya” dan menu “Komputer”. Menu “Drive Saya” yaitu tempat penyimpanan file atau folder di dunia maya (Cloud). Sedangkan menu “komputer” adalah tempat penyimpanan file dan folder yang berasal dari komputer pribadi.   
  3. Menu “File” adalah tombol menu untuk menampilkan file atau folder yang ada di “Drive saya” dan “Komputer”.
  4. Halaman utama menu “File”  yang menampilan file atau folder yang tersimpan di Google Drive, baik di “Drive saya” atau “komputer”.
Timpilan halaman utama Google Drive di Menu File Android

Jika melihat gambar di atas, Halaman utama menampilkan dua bentuk tampilan file atau folder. Pemiliki Google Drive dapat memilih salah satu dari dua tampilan, yaitu:

  1. Jika tombol List (huruf A warna hijau) diklik, maka halaman utama menampilkan file dan folder secara berututan ke bawah seperti daftar urut (nomor 4 berwarna Hijau)
  2. Jika Tombol Grid (huruf B warna biru) diklik, maka halaman utama akan menampilkan seperti di kotak nomor 4 berwarna biru.

4. Cara membuat folder baru di Google Drive versi Android

Cara membuat folder baru di Google Drive menggunakan Android dilakukan dengan 3 tahapan yaitu:

  1. Klik tanda plus (+), maka muncul kotak menu.
  2. Klik menu “Folder”, muncul kotak folder baru
  3. Tulis nama folder
  4. Klik menu “Buat” (Create). Maka akan muncul folder di menu Drive di menu File.
Cara membuat Folder di Google Drive versi Android

5. Cara mengupload file ke Google Drive versi Android

Cara upload file ke Google Drive menggunakan Android melalui 3 tahapan, yaitu

  1. Kli tombol plus (+), muncul kotak menu-menu untuk menambah
  2. Klik “Upload”, muncul aplikasi-aplika tempat penyimpanan
  3. Klik aplikasi tempat file yang akan diupload. Cari filenya dan klik.

Jika sudah melakukan 3 tahap di atas, maka file akan muncul di layar utama file

Cara mengupload File ke Google Drive versi Android

6. Menu tambahan lain di menu baru (simbol plus) versi Android

Selain menu “Folder” dan “Upload”, ada beberapa menu yang bisa digunakan ketika ingin membuat file baru di Google Drive. Menu tersebut adalah

  1. Klik tombol plus (+)
  2. Menu “Pindai” (Scan) yaitu menu yang digunakan memindai (scan) dokumen yang akan disimpan di Google Drive dengan format pdf.
  3. Menu “Google Dokumen” yaitu menu yang menyediakan aplikasi pengolahan huruf di Google Drive dan tersimpan secara otomatis di Google Drive. Fungsinya sama seperti Microsoft Word.
  4. Menu “Google Spreadsheet” yaitu menu yang menyediakan aplikasi pengolahan angka di Google Drive dan tersimpan secara otomatis di Google Drive. Fungsinya sama dengan Microsoft Excel.
  5. Menu “Google Slide” yaitu menu yang menyediakan aplikasi pengolahan paparan/slide di Google Drive dan tersimpan secara otomatis di Google Drive. Fungsinya sama dengan Microsoft Powerpoint.
Menu untuk menambah baru di Google Drive versi Android

7. Cara membagikan file/folder di Google Drive versi Android

Cara membagikan file atau folder (share) di Google Drive dengan menggunakan SmartPhone Androis terdiri dari 6 tahapan, yaitu

  1. Klik titik tiga di samping file/folder yang akan dibagikan. Muncul kotak menu-menu baru.
  2. Klik menu “Bagikan”, muncul kotak bagikan
  3. Tulis alamat email orang yang akan dibagi file/folder
  4. Tulis pesan yang angin disampaikan
  5. Klik icon pensil untuk memilih hak akses penerima yaitu bisa mengedit (Icon pensil) atau hanya melihat (icon mata)
  6. Klik Icon panah, maka file/folder terkirim ke email yang telah ditentukan.

Jika sudah berhasil terkirim, maka akan muncul icon orang di folder atau file yang dibagikan

Cara Membagikan File/Folder Google Drive versi Android

8. Menu Modifikasi file/folder di Google Drive versi Android

Berikut ini akan dijelaskan menu-menu yang dapat digunakan untuk memodifikasi folder/File.

  1. Nama Folder atau file yang akan dibagikan
  2. Tombol untuk memberikan tanda bintang pada file atau folder. Jika diberi bintang, maka file dan folder akan muncul di menu utama berbintang (Star).
  3. Menu yang menunjukan bahwa file atau folder tersebut aktif dibagikan atau tidak.
  4. Menu untuk membagikan file atau filder dengan menggunakan link
  5. Menu untuk menganti nama file atau folder
  6. Menu untuk mengubah warna folder yang standar berwarna hitam.
  7. Menu untuk memindahkan file atau folder ke tempat lain
  8. Menu untuk menampilkan folder atau file di layar utama smartphone
  9. Menu untuk menghapus file atau folder. File dan folder yang dihapus akan tersimpan di menu Sampah (Trash). Pemilik Google Drive bisa mengembalikannya.
Menu untuk meodifikasi File/Folder di Google Drive versi Android

Semoga bermanfaat

106

Yunandra

Yunandra adalah Pengawas Madrasah/Konsultan/Praktisi Pendidikan Islam yang ingin berbagi dan memberi untuk hidup lebih baik. Kata yunandra merupakan dua nama digabung dengan kata “and”. Harapannya segala kebaikan yang dilakukan menjadi Amal Jariah berdua.