Kompetensi Siswa Abad 21 dalam Kurikulum 2013


Dinamika kurikulum 2013 sangat menarik. Sejak disahkan sampai sekarang, Kurikulum 2013 mengalami perubahan dan penyempurnaan. Peraturan-peraturan keluar silih berganti untuk mengatur penerapan di sekolah atau madrasah. tujuannya sama yaitu menyiapkan kurikulum yang sesuai dengan tuntutan dan tantangan zaman.  

Penyempurnaan kurikulum 2013 hanya pada 4 standar yaitu standar kompetensi Lulusan (SKL), standar Isi, standar proses, dan standar penilaian. Walaupun banyak penyempurnaan, secara konsep, kurikulum 2013 tidak mengalami perubahan yaitu untuk menjawab tiga pertanyaan dengan 3 Jawaban. Jawabanya adalah karakter, kompetensi, dan Literasi.

Ketiga Jawaban tersebut dapat dianalisa dan disimpulkan untuk menentukan profil peserta didik setelah mengikuti dan mempelajari kurikulum 2013.

Minimal ada 11 profil peserta didik menurut konsep kurikulum 2013, yaitu:

1. Karakter moral dan karakter kinerja

Profil peserta didik yang pertama adalah peserta didik yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja secara bersama dan tidak terpisah.  

Menurut Anies Baswedan, karakter moral yang dapat ditumbuhkan, seperti kejujuran, ketakwaan, sopan dan santun, serta tatakrama. Sedangankan karakter kinerja seperti, kerja keras, tangguh, tuntas, ulet, dan rajin. (lihat : Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter)

Menurut bahasa peraturan, kedua karakter tersebut termasuk dimensi sikap. Permendikbud no. 20 tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan bahwa peserta didik diharapkan memiliki perilaku yang mencerminkan sikap yaitu:

  1. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Berkarakter, jujur, dan peduli
  3. Bertanggungjawab
  4. Pembelajar Sejati sepanjang hayat, dan
  5. Sehat jasmani dan rohani

2. Berpikir kritis dan Pemecah Masalah

Profil peserta didik yang kedua adalah peserta didik yang memiliki pemikiran kritis dan pemecahan masalah. Berpikir kritis adalah praktik memecahkan masalah, di antara sifat-sifat lainnya. Peserta didik yang memiliki pemikiran kritis akan dapat menemukan kebenaran dalam penegasan, dapat memisahkan fakta dari pendapat.

3. Kreatif

Profil peserta didik yang ketiga adalah peserta didik yang memiliki kreativitas. Kreativitas adalah praktik berpikir di luar kotak. Peserta didik yang kreatif mampu memecahkan masalah, menciptakan atau mencoba sesuatu yang belum pernah mereka coba sebelumnya. Peserta didik yang kreatif akan dapat melihat masalah dari berbagai perspektif – termasuk yang tidak dilihat orang lain.

4. Bekerja sama

Profil peserta didik yang keempat adalah peserta didik yang memiliki kemampuan berkolaborasi. Kolaborasi adalah praktik bekerja bersama untuk mencapai tujuan bersama. Peserta yang memiliki kemampuan berkolaborasi yang baik menyadari bahwa mereka akan bekerja dengan orang lain selama hidup. Mereka menyadari bahwa setiap orang memiliki gagasan yang berbeda dengan orang lain.

5. Komunikatif

Profil peserta didik yang kelima adalah peserta didik yang memiliki komunikasi yang baik. Komunikasi adalah praktik penyampaian gagasan dengan cepat dan jelas. Peserta didik yang memiliki komunikasi yang baik mampu menyampaikan gagasannya dan dapat dipahami orang lain.

6. Literasi Bahasa

Profil Siswa yang keenam adalah Literet bahasa yaitu peserta didik yang memiliki Kemampuan dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan proses membaca dan menulis. 

Lihat materi pendukunng Literasi Baca Tulis

7. Literasi Numerasi

Profil Siswa yang ketujuh adalah Literet numerasi yaitu peserta didik yang mengetahui dasar-dasar dari penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Peserta didik yang dapat menggunakan konsep numerasi secara percaya diri dan efektif, dapat memahami bagaimana mentransfer keterampilan yang dimiliki untuk memecahkan masalah.

Lihat materi pendukunng Literasi Numerasi

8. Literasi Sains

Profil Siswa yang kedelapan adalah Literet sains yaitu peserta didik yang memiliki kompetensi untuk menjelaskan fenomena sains, mengevaluasi & mendesain pengetahuan & keterampilan sains secara mandiri, dan menginterpretasi data & bukti sains

Lihat materi pendukunng Literasi Sains

9. Literasi Digital

Profil Siswa yang kesembilan adalah Literet digital yaitu peserta didik yang memiliki kemampuan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi atau jaringan untuk menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi dan memanfaatkan secara bijak.

Lihat materi pendukunng Literasi Digital

10. Literasi Finansial

Profil Siswa yang kesepuluh adalah Literet finansial yaitu peserta didik yang memiliki Kemampuan untuk memahami bagaimana uang berpengaruh di dunia (bagaimana seseorang mengatur untuk menghasilkan uang, mengelola uang, menginvestasikan uang dan menyumbangkan uang untuk menolong sesama).

Lihat materi pendukunng Literasi Finansial

11. Literasi Budaya dan Masyarakat

Profil Siswa yang kesebelas adalah Literet Budaya dan Masyarakat yaitu peserta didik yang memiliki kemampuan untuk memahami, menghargai dan berpartisipasi secara aktif dan mahir dalam budaya, menginisiasi perubahan dalam komunitas dan lingkungan sosial yang lebih besar.

Lihat materi pendukunng Literasi Budaya dan Kewargaan

Baca Lain

78

Yunandra

Yunandra adalah Pengawas Madrasah/Konsultan/Praktisi Pendidikan Islam yang ingin berbagi dan memberi untuk hidup lebih baik. Kata yunandra merupakan dua nama digabung dengan kata “and”. Harapannya segala kebaikan yang dilakukan menjadi Amal Jariah berdua.