Membuat Dan Membagikan Kalender Bersama Madrasah Binaan di Google Calendar

Kalender Pendidikan Madrasah
Kalender Pendidikan Madrasah di Google Calendar

Kalender Pendidikan Madrasah memiliki fungsi untuk mendorong efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran di sekolah. Minimal berisi tentang awal tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur.

Pada Dokumen KTSP, Kalender Pendidikan menjadi salah satu komponen penting yang harus disusun tim pengembang madrasah. menjadi gambaran kegiatan madrasah selama satu tahun pelajaran.

Untuk memantau pelaksanaan kegiatan madrasah sesuai kalender pendidikan, Pengawas Madrasah dapat menggunakan kalender bersama di Google Kalender (G-Calendar). Sebagai pembina, Pengawas madrasah dapat memantau jadwal kegiatan madrasah secara online.

Sebelum mengikuti tahapan membuat kalender bersama, diharapkan mempelajari dulu bagaimana menggunakan Google Kalender. baik di perangkat Laptop maupun Perangkat Smartphone. Pengawas madrasah dapat membacanya di artikel sebelumnya.

Baca: Google Kalender Aplikasi Penjadwalan Online


Berikut tahapan-tahapan membuat grup kalender pendidikan madrasah sebagai pusat informasi kegiatan Madrasah Binaan.

1. Membuat Kalender Bersama di Google Calendar

Tahap pertama yang dilakukan oleh Pengawas madrasah adalah membuat kalender khusus yang akan menjadi pusat informasi semua madrasah. Berikut langkah-langkah di Membuat grup Kalender.

  1. Buka Google Kalender.
  2. Di sebelah kiri, di samping Kalender lainnya, klik Tambahkan ""laluBuat kalender baru.
  3. Tambahkan nama kalender (misalnya, Kalender Pendidikan), deskripsi, dan zona waktu.
  4. Klik Buat Kalender.

Maka akan muncul menu “Kalender Pendidikan” di sebelah kiri di bawah Kalender Utama.

2. Membagikan Kalender Bersama

Setelah membuat Grup Kalender, Pengawas madrasah melanjutkan ke tahap keduanya yaitu membagikan “Kalender Pendidikan” ke Madrasah binaan. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Buka Google Kalender.
  2. Di sebelah kiri, klik nama kalender baru Anda.
  3. Arahkan kursor ke kalender bersama (Kalender Pendidikan), lalu klik Lainnya ""laluSetelan dan berbagi.
  4. Pilih opsi “Bagikan kepada orang-orang tertentu”
  5. Klik Tambahkan Oranglalutambahkan alamat email orang atau grup yang ingin diajak berbagi kalender. 
  6. Di kotak izin, klik Panah bawah ""lalu, pilih salah satu opsi izin. (lihat tabel)
  7. Klik Kirim.

TMengatur Izin Akses Kalender Pendidikan Bersama

Izin aksesYang dapat dilakukan orang lain
Hanya melihat waktu senggang/sibuk (tanpa detail)Memeriksa jadwal di kalender Anda yang terisi dan senggang, tetapi tanpa nama atau detail acara.
Melihat detail semua acaraMengetahui detail semua acara kecuali yang ditandai pribadi.Mengetahui setelan zona waktu kalender.Berlangganan peringatan email agar tahu jika acara dibuat, diubah, dibatalkan, di-RSVP, atau akan diselenggarakan.
Mengubah detail acaraMengetahui detail semua acara, termasuk acara pribadi.Menambahkan dan mengedit acara.Memulihkan atau menghapus permanen acara dari Sampah kalender.Mengetahui setelan zona waktu kalender.Berlangganan peringatan email agar tahu jika acara dibuat, diubah, dibatalkan, di-RSVP, atau akan diselenggarakan.
Mengubah dan mengelola fitur berbagiMengetahui detail semua acara, termasuk acara pribadi.Menambahkan dan mengedit acara.Memulihkan atau menghapus permanen acara dari Sampah kalender.Mengetahui setelan zona waktu kalender.Mengubah setelan berbagi.Berlangganan peringatan email agar tahu jika acara dibuat, diubah, dibatalkan, di-RSVP, atau akan diselenggarakan.Menghapus permanen kalender.

3. Aktivasi Kalender Pendidikan Madrasah di Penerima Email

setelah pengawas madrasah menulis email madrasah binaan, lanjut pada tahap Ketiga adalah aktivasi Kalender bersama “Kalender Pendidikan” di email setiap madrasah binaan. Adapun langkah-langkah yang dilakukan oleh Setiap Madrasah binaan sebagai berikut:

  1. Buka Email di GMail
  2. Klik Inbox, buka kiriman email dari pengawas pembina
  3. Klik “Tambahkan Kalender” atau “Add This Calendar”
  4. Terbuka Google Calendar dan Kotak Notifikasi “Tambah Kalender”
  5. Klik “Tambah”

Maka “Kalender Pendidikan” akan muncul di setiap Google Calendar setiap Madrasah binaan. Setiap Madrasah dapat menginput kegiatan-kegiatan madrasahnya secara mandiri. Hasilnya akan muncul di Kalender Pendidikan Bersama.

Demikian cara Pengawas Madrasah membuat kalender pendidikan madrasah yang dapat dikelola bersama oleh semua madrasah binaan dengan Pengawas Madrasah. Diharapkan menjadi pusat informasi kegiatan setiap madrasah binaan.

Sumber: Google Support


Google Calendar Terkait