MadrasahPendidikan

Peranan Madrasah Memperkuat Moral Bangsa

Madrasah memperkuat Moral Bangsa menjadi peran penting selain menjadi lembaga penyelenggara pendidikan dasar dan menengah berciri khas Islam.

Pada hakikatnya, Madrasah berusaha mengintegrasikan antara agama dan ilmu pengetahuan.

Menurut Husni Rahim dalam buku “Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia” minimal ada 5 peran yang telah dilakukan madrasah.

Media Sosialisasi Nilai-nilai Ajaran Islam

Madrasah sebagai lembaga pendidikan formal memiliki peluang besar menjadi media sosialisasi nilai-nilai ajaran Islam kepada peserta didik.

Menurut Danum, salah satu fungsi sekolah sebagai penyadaran. Fungsi Penyadaran disebut fungsi Konservatif artinya sekolah bertanggungjawab untuk mempertahankan nilai-nilai budaya masyarakat dan membentuk kesejatian diri sebagai manusia.

Maka madrasah berciri khas Islam memiliki tanggung jawab untuk mempertahankan nilai-nilai Islam.



Pemelihara Tradisi Keagamaan (maintenance of Islamic tradition)

Madrasah dapat memelihara tradisi keagamaan melalui pembelajaran Intrakurikuler maupun ekstrakurikuler.

Pada pembelajaran Intrakurikuler, menambah mata pelajaran pendidikan agama Islam dan bahasa Arab. Ada 5 mata pelajaran yaitu Akidah-Akhlak, Al-Qur’an dan Hadits, Fikih, Sejarah Kebudayaan Islam, dan bahasa Arab.

Pembelajaran ekstrakurikuler dalam bentuk kegiatan terstruktur dan pembiasaan Keagamaan Islam.

Membentuk Akhlak dan Kepribadian

Madrasah memiliki peran penting dalam membentuk akhlak dan kepribadian berdasarkan Islam. Melalui pembelajaran Islam, madrasah memiliki lingkungan yang kondusif untuk membentuk akhlak dan kepribadian peserta didik.

Madrasah memiliki fungsi mediasi, dimana madrasah merupakan miniatur masyarakat. Sehingga Madrasah merupakan tempat pembimbingan dan pembentukan peserta didik sebelum terjun ke masyarakat.

Peserta dibekali akhlak dan kepribadian yang baik di madrasah agar menjadi anggota masyarakat yang baik dan produktif.



Benteng Moralitas Bangsa

Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan merubah gaya hidup masyarakat. Masyarakat mulai meningkat perekonomian dan kesejahteraan sehingga cenderung mencintai harta dan jabatan. Peningkatan kesejahteraan tanpa dibarengi oleh moral yang baik akan membawa kehancuran bangsa

Madrasah mampu memperkuat moral bangsa. Sehingga cara memperoleh penghasilan dan jabatan dilalui dengan cara yang baik dan benar.

Lembaga Pendidikan Alternatif

Lembaga Pendidikan telah menghasilkan peserta didik yang sukses di teknologi dan ilmu pengetahuan. Tapi ada kekurangan dalam meningkatkan kualitas spiritual dan mental.

Madrasah memberikan alternatif pendidikan yang mampu menjaga kualitas spiritual dan mental peserta didik.



Artikel Pengembangan Madrasah

Untuk dapatkan artikel terbaru,
Silahkan daftar