Manfaat Evaluasi Diri Madrasah bagi Pengembangan Madrasah

Manfaat Evaluasi Diri Madrasah
Manfaat Evaluasi Diri Madrasah

Manfaat Evaluasi Diri Madrasah bagi Pengembangan Madrasah artinya keuntungan bagi madrasah jika melakukan EDM.

Evaluasi adalah proses menentukan nilai untuk suatu hal atau objek yang berdasarakan pada acuan-acuan tertentu untuk menentukan tujuan tertentu. (Wikipedia).

Menurut Panduan Umum Pelaksanaan EDM yang diterbitkan oleh Kemenag bahwa Evaluasi Diri Madrasah (EDM) adalah suatu proses penilaian mutu penyelenggaraan pendidikan yang dilakukan oleh pemangku kepentingan di tingkat madrasah berdasarkan indikator-indikator kunci yang mengacu pada 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Baca: Model Pengembangan Madrasah Unggulan

Pada prinsipnya EDM adalah penilaian yang dilakukan oleh warga madrasah itu sendiri dengan penuh kesadaran dan kejujuran yang akan digunakan oleh madrasah itu sendiri untuk perbaikan mutu pendidikan.

Di Panduan Pelaksanaan EDM, Manfaat Evaluasi Diri Madrasah (EDM) ada 6 manfaat bagi madrasah dalam melaksanakan pengembangan madrasah, khususnya dalam mengembangkan program-program unggulan.

1. Pencapaian Kinerja Madrasah

Manfaat EDM yang pertama adalah mengetahui tingkat pencapaian kinerja madrasah. Kinerja madrasah dapat diukur dari 8 standar nasional pendidikan (SNP)

2. Tahu Kondisi Madrasah

Setelah melaksanakan EDM, Madrasah dapat mengetahui kekuatan, kelemahan dan tantangan yang dimilikinya madrasah. Analisis SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities, dan Threats) merupakan proses analisis dalam perencanaan.

3. Peluang Madrasah

Manfaat EDM yang ketiga adalah Madrasah mengetahui peluang untuk memperbaiki mutu pendidikan, menilai keberhasilan dan melakukan penyesuaian program-program yang ada.

4. Kebutuhan Madrasah

Madrasah yang terbiasa melakukan Evaluasi Diri Madrasah dapat mengetahui jenis kebutuhan yang diperlukan untuk perbaikan mutu.

5. Program Prioritas madrasah

Evaluasi Diri Madrasah merupakan proses penilaian terhadap program-program yang dilakukan selama satu tahu. Melalui EDM, Madrasah dapat mengidentifikasi program/kegiatan prioritas bagi peningkatan kinerja madrasah.

6. Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah (RKAM)

Manfaat EDM yang keenam adalah hasil EDM menjadi bahan penyusunan RKAM. sebelum menjadi RKAM, Madrasah perlu menyusun Rencana Kegiatan Tahunan yang dirinci dari Rencana Kegiatan Jangka Menengah atau jangka panjang.

Regulasi: Standar Pengelolaan Pendidikan Dasar dan Menengah

setelah mengetahui manfaat melaksanakan Evaluasi Diri Madrasah, Diharapkan semua madrasah melaksanakannya setiap tahun.