PokjawasProfesi

Seninan sebagai Kegiatan utama Program Pokjawas Madrasah Jaksel

Yunandra. Program Pokjawas Madrasah menurut Juknis Pokjawas mencakup penyusunan Visi, Misi, Tujuan, Rencana Kerja, program Peningkatan Kompetensi dan Pengembangan Profesi, dan program kerjasama strategis.

Penyusunan program Pokjawas Madrasah di tingkat kota terbagi 2 kegiatan yaitu

  • Kegiatan atau Program Peningkatan Kompetensi dan pengembangan profesi minimal dilaksanakan 6 kali per 1 tahun
  • Kegiatan penyusunan rencana, pelaksanaan, pelaporan, dan evaluasi pengawasan dilaksanakan minimal 6 kali per tahun.

Kedua program tersebut disusun secara resmi di kegiatan musyawarah kerja tahunan atau 4 tahunan.

Regulasi:
Juknis Pokjawas Madrasah SK Dirjen Pendis No. 5851 Tahun 2020


Muker Pokjawas Madrasah JKS

Pada hari Rabu, 12 Januari 2022, Pokjawas Madrasah melaksanakan musyawarah kerja (Muker) Pokjawas periode tahun 2022 sd 2026.

Muker dilaksanakan bertempat di Gedung PSBB MTsN 3 Jakarta dihadiri oleh pengawas madrasah di lingkungan kementerian agama kota Jakarta Selatan.

Muker tersebut menghasilkan 2 keputusan yaitu pembentukan pengurus Pokjawas baru periode tahun 2022 sd 2024. Kedua penetapan program kerja Pokjawas.

Untuk mengawal pelaksanaan program Pokjawas Madrasah Jakarta Selatan perlu kegiatan rutin dalam bentuk rapat mingguan, bulanan, semesteran, maupun tahunan.

Selama ini, Pokjawas Jakarta Selatan memiliki kegiatan rutin mingguan di hari Senin yang disebut kegiatan Seninan. Pada Awalnya sebagai rapat koordinasi pengawas, kemudian berkembang menjadi kegiatan atau program peningkatan mutu pendidikan dan kompetensi.

Kegiatan tersebut perlu ditingkatkan kualitasnya. Oleh karena itu, tulisan ini mencoba menawarkan cara meningkatkan kualitas kegiatan Seninan Pokjawas dan manfaat Seninan bagi Pengawas.


Manfaat Seninan bagi Pengawas

Rapat merupakan kegiatan penting bagi keberlangsungan sebuah organisasi. Tanpa ada rapat, hampir dipastikan roda organisasi akan tersedat.

Pelaksanaan kegiatan Seninan memiliki manfaat bagi pengawas sebagai berikut:

1. Berbagi Informasi

Pertemuan pengawas menjadi ajang berbagi informasi, baik kedinasan maupun perkembangan pendidikan madrasah. Walaupun era digital ini sudah banyak aplikasi media sosial, tetap kurang lengkap jika tidak dilengkapi dengan informasi secara langsung.

2. Silaturahmi Anggota Pokjawas

Pertemuan menjadi sarana silaturahmi para pengawas. Minimal bisa memastikan kondisi anggota pokjawas sehat dan baik.

3. Evaluasi Program

Manfaat yang ketiga adalah evaluasi program. Kegiatan Seninan bisa dijadikan tempat Mengevaluasi dan menilai program yang sedang dilaksanakan. Hasilnya bisa menjadi dasar Program peningkatan kompetensi pengawas madrasah

4. Peningkatan Kompetensi

Manfaat yang keempat adalah peningkatan kompetensi. Kegiatan ini bisa menjadi tindak lanjut dari hasil evaluasi program . Sehingga program peningkatan kompetensi pengawas madrasah dilaksanakan berdasarkan data yang valid dan konkret.


Baca:
Pengawas Madrasah dan Rapat Inspirasional Pokjawas DKI Jakarta


Strategi Peningkatan Kualitas Program Seninan

Lalu, bagaimana cara mendesain program Seninan agar menjadi lebih efektif dan berdampak pada realisasi program Pokjawas serta mendukung peningkatan kompetensi.

1. Komitmen Anggota

Komitmen adalah perjanjian (keterikatan) untuk melakukan sesuatu (KBBI).

Sikap ini menjadi kunci utama keberlangsungan kegiatan Seninan. Bahkan di semua program, komitmen tetap memiliki peranan penting, terutama dalam peningkatan kompetensi.

2. Program Terencana

Kegiatan rutin Seninan terjaga kualitasnya jika ada program yang disusun secara rapih. Perlu ada tema-tema di setiap pertemuan. Walaupun bisa berubah berdasarkan kondisi yang ada. Utamakan program peningkatan kompetensi pengawas madrasah.

Slogan Pokjawas yang Memberdayakan perlu kuatkan. Dan Pengawas Berdaya dan Memberdayakan perlu digaungkan.

3. Media Inovasi

Strategi ketiga yaitu menyiapkan media inovasi. Maksudnya media yang mendukung pelaksanaan kegiatan Seninan dalam keadaan apapun. Misalnya media video conference atau podcast pengawas. Seiring berjalannya program penggunaan media inovasi akan berjalan juga peningkatan kompetensi literasi digital

Semoga kegiatan Seninan tetap terjaga dan tidak boleh berhenti. Sekali berhenti akan berat memulai.


Artikel Pokjawas


Untuk dapatkan artikel terbaru,
Silahkan daftar