TPACK Kompetensi Guru Abad 21

TPACK Kompetensi Guru Abad 21. Kompetensi Guru Abad 21 tidak cukup mengetahui keterampilan atau pengetahuan bagaimana menggunakan materi yang tepat untuk mengajarkan materi atau Pedagogic Content Knowledge (PCK).

Pada Era Generasi Z yang ditandai dengan keterkaitan dengan Teknologi, pengetahuan tentang teknologi menjadi penting bagi guru.

Mishra dan Koehler, 2009, menawarkan konsep TPACK, yaitu konsep yang merubah konsep PCK, dimana Content Knowledge dan Pedagogic Knowledge dilengkapi dengan Technological Knowledge.

Keterkaitan ketiga pengetahuan atau kompetensi guru yang dibutuhkan abad 21 digambarkan oleh Mishra dan Koehler sebagai berikut ini:

TPACK Kompetensi Guru
Kerangka dan Komponen TPACK (www.researchgate.net)

TPACK (Technological Pedagogic Content Knowledge) adalah Pengetahuan dalam memilih menggunakan teknologi untuk implementasikan strategi dalam pembelajaran.

1. Content Knowledge (CK)

Content Knowledge atau Pengetahuan Materi yang diajarkan. Guru dituntut secara profesional menguasai materi yang akan diajarkan.

Berdasarkan Permendiknas No. 16 tahun 2007 tentang standar kualifikasi dan kompetensi guru, penguasaan materi termasuk kompetensi profesional.


Regulasi: Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi dan kompetensi Pendidik


Pada proses pendidikan, Materi merupakan unsur utama, selain Guru dan Peserta Didik. Materi menjadi informasi yang akan disampaikan oleh guru dan diterima oleh peserta didik.

2. Pedagogic Knowledge (PK)

Pedagogic Knowledge atau Metode dan Strategi Mengajar secara khusus menjadi salah satu standar kompetensi guru.

Standar Kompetensi Pedagogik terdiri dari 10 kompetensi inti. Pada instrumen Penilaian Kinerja Guru (PKG), 10 kompetensi inti disusun menjadi 7 komponen penilaian kinerja guru.

3. Technological Knowledge (TK)

Technological Knowledge atau Pengetahuan Dasar tentang Teknologi menjadi pengetahuan tambahan bagi guru.

Mishra dan Koehler menambah Technological Knowledge untuk mempersiapkan guru bisa beradaptasi dengan lingkungan peserta didik generasi Z.

Pada abad 21, Teknologi Informasi dan Komunikasi terus berkembang. Masyarakat tidak bisa lepas dari perkembangannya. Tinggal bagaimana memanfaatkan TIK tersebut agar dapat mendukung kehidupan yang berkualitas.


Baca: Keterampilan Dasar Mengajar bagi Guru


5. Technological Content Knowledge (TCK)

Technological Content Knowledge atau Pengetahuan Hubungan antara Teknologi dengan Materi.

Perkembangan teknologi membuat sumber belajar atau materi hadir dengan berbagi format. Biasanya Materi menggunakan buku atau kertas. Sekarang berkembang berbentuk soft copy dengan berbagai format seperti video, audio, infografis, dan elektronik Book atau buku digital.

6. Technological Pedagogic Knowledge (TPK)

Technological Pedagogic Knowledge atau Pengetahuan teknologi untuk metode pembelajaran.

Guru Abad 21 perlu memiliki kemampuan menggunakan teknologi yang sesuai dengan metode pembelajaran.

Era Informasi ini, teknologi berkembang terus, termasuk teknologi yang berkaitan dengan pendidikan.

4. Pedagogic Content Knowledge (PCK)

Pedagogic Content Knowledge atau Metode yang tepat untuk mengajarkan materi.

Guru yang menguasai materi dan metode atau strategi mengajar, perlu memiliki kemampuan untuk memilih metode dan strategi mengajar yang cocok dengan materi yang akan disampaikan ke peserta didik.

Selain melihat karakteristik materi, juga melihat karakteristik peserta didik. Agar Materi yang disampaikan dengan metode yang tepat dapat diterima oleh peserta didik.

7. Technological Pedagogic Content Knowledge (TPACK)

Technological Pedagogic Content Knowledge atau Pengetahuan dalam memilih menggunakan teknologi untuk implementasikan strategi dalam pembelajaran.

TPACK Kompetensi Guru Abad 21 sebagai konsep baru pengganti Konsep PCK (Pedagogic Content Knowledge) yaitu pengetahuan metode dan Strategi


Sumber: Koehler, M., & Mishra, P. (2009). What is technological pedagogical content knowledge (TPACK)?


Regulasi Guru