Materi Pengembangan Kurikulum Merdeka

Materi Pengembangan Kurikulum Merdeka berdasarkan kerangka dasar kurikulum merdeka yang ditetapkan oleh pemerintah pusat terbagi menjadi 4 tema utama yaitu profil pelajar Pancasila, Struktur Kurikulum, Capaian Pembelajaran, dan Prinsip Pembelajaran dan Asesmen.

Keempat tema tersebut menjadi acuan sekolah atau madrasah menyusun operasional satuan pendidikan, modul ajar, modul projek, dan bahan ajar atau buku teks.

Oleh karena itu, Madrasah atau sekolah perlu memahami dulu keempat kerangka dasar kurikulum merdeka tersebut sebelum mengembangkan dan menyusun keempat perangkat sekolah/madrasah. berikut materi pengembangan kurikulum merdeka berdasarkan keempat kerangka dasar kurikulum merdeka.

1. Profil Pelajar Pancasila

Materi-materi terkait profil pelajar Pancasila dapat dibaca di tema-tema berikut ini:


2. Struktur Kurikulum Merdeka

Materi kurikulum merdeka terkait struktur kurikulum dapat dibaca di tema-tema berikut ini:


3. Capaian Pembelajaran

Materi kurikulum merdeka terkait capaian pembelajaran dapat dibaca di tema-tema berikut ini:


4. Pembelajaran dan Asesmen

Materi kurikulum merdeka terkait pembelajaran dan asesmen dapat dibaca di tema-tema berikut ini:


Landasan Hukum Kurikulum Merdeka

Sumber utama materi-materi tersebut adalah sebagai berikut:


Sejak reformasi diawali dengan ditetapkanya Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional atau sisdiknas No. 20 Tahun 2003, sudah ada beberapa kali pengembangan kurikulum nasional. Diawali dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) sebagai prototipe. kemudian secara resmi bernama Kurikulum 2003.

Pada tahun 2013. dikenal dengan kurikulum 2013 yang mengalami dinamika dalam implementasinya. Istilah yang muncul Kurikulum 2013 versi 2014 dan kurikulum versi 2016.

Pada Masa pandemi covid-19 muncul kebijakan penutupan sekolah dan proses pembelajaran dipindahkan ke rumah dengan istilah Belajar dari Rumah. Berdasarkan kondisi tersebut perlu ada penyesuaian kurikulum 2013 melalui penyederhanakan target Kompetesni inti dan Kompetesi dasar. Isitlah yang muncul adalah Kurikulum darurat.

sekarang ini muncul kurikulum merdeka sebagai salah satu episode dari kebijakan Merdeka belajar.

Untuk mempelajari lebih dalam tentang pengembangan kurikulum di Indonesia, dapat mengikuti materi di bawah ini: