Literasi Digital

Literasi Digital
Literasi Digital

Literasi Digital adalah pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi, dan memanfaatkannya secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat, dan patuh hukum dalam rangka membina komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari. (Wikipedia)

Kata literasi, menurut UNESCO adalah seperangkat keterampilan yang nyata, khususnya keterampilan kognitif dalam membaca dan menulis yang terlepas dari konteks di mana keterampilan yang dimaksud diperoleh, dari siapa keterampilan tersebut diperoleh dan bagaimana cara memperolehnya.

Adapun kata Digital (Digitus) artinya jari jemari (bahasa Yunani) Jumlah jari orang adalah sepuluh (10) yang terdiri dari 2 radix, yaitu 1 dan 0. Maka Digital merupakan penggambaran dari suatu keadaan bilangan yang terdiri dari angka 0 dan 1 atau off dan on (bilangan biner). Semua sistem komputer menggunakan sistem digital sebagai basis datanya. Dapat disebut juga dengan istilah Bit (Binary Digit). (Wikipedia)

Beberapa perusahan penyedia aplikasi teknologi informasi terus mengembangkan programnya sesuai dengan tuntutan dan harapan pengguna. Terutama tuntutan perkembangan pendidikan.

Dua perusahaan tersebesar, Google dan Microsoft berlomba mengembangkan berbagai aplikasi yang mendukung proses pendidikan. Pada fasilitas video conference online, Google menawarkan Google Meet, Microsoft menawarkan MS. Teams. Keduanya dikembangkan untuk memberikan tawaran lain selain aplikasi Zoom Meeting.

Beberapa Tutorial terkait aplikasi yang bisa digunakan dalam mendukung pembelajaran dan pendidikan


Literasi Digital : Google

Google LLC adalah sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkekhususan pada jasa dan produk Internet. Produk-produk tersebut meliputi teknologi pencarian, komputasi web, perangkat lunak, dan periklanan daring. seperti GMail, Google Chrome, Google Drive, Google Calender dll.


Google Drive


Google Calender


GMail


Literasi Digital : Microsoft

Microsoft Corporation adalah sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkantor pusat di Redmond, Washington, Amerika Serikat yang mengembangkan, membuat, memberi lisensi, dan mendukung berbagai produk dan jasa terkait dengan komputer


Ms. Word


Ms. Excel


Ms. Sway


E-Learning


Google Classroom


Ms. Teams


Moodle

MOODLE adalah paket perangkat lunak yang diproduksi untuk kegiatan belajar berbasis internet dan situs web yang menggunakan prinsip social constructionist pedagogy


SmartPhone Android


Android Studio


Internet dan Webdesain


WordPress


Media Pembelajaran Online


Software Online


Untuk dapatkan artikel terbaru,
Silahkan daftar