Pengawas Madrasah dan Rapat Inspirasional Pokjawas DKI Jakarta

Pengawas Madrasah merupakan jabatan fungsional yang bertugas melakukan supervisi akademik dan supervisi manajerial. Adapun Forum komunikasi pengawas Madrasah bernama Kelompok Kerja Pengawas atau Pokjawas.

Baca: PMA No. 2 Tahun 2012

Setelah adanya kekosongan ketua, melalui musyawarah anggota, terpilih ketua baru Pokjawas Madrasah DKI Jakarta, Hadi Wijaya. Kepengurusan periode 2021-2025 telah ditetapkan berdasarkan SK Kanwil No 233 tahun 2021.

Pada rapat perdana, Ketua Pokjawas DKI Jakarta mengawalinya dengan perkenalan antar pengurus. Kombinasi kepengurusan antara pengawas baru dan pengawas lama membuat diantara pengawas belum saling mengenal.

Setelah perkenalan, dilanjutkan dengan paparan draft visi, misi, dan program pokjawas Madrasah DKI Jakarta periode 2021-2025.

Ada catatan yang dapat dijadikan bahan diskusi pengurus Pokjawas Madrasah DKI Jakarta.

Rapat Inspirasional

Rapat adalah Jantung dari tim yang sehat.(Leigh:2002). Tujuan rapat adalah untuk mengembangkan tim dan hubungan-hubungannya. Rapat inspirasional adalah rapat yang penuh energi, semangat, dan inspirasi.

Menurut buku Leading Your Team, Rapat Inspirasional dapat mendorong:

  • Komunikasi antar anggota tim
  • Forum untuk berpartisipasi
  • Pemecahan masalah bersama
  • Berbagi gagasan
  • kreativitas dan inisiatif

Berdasarkan buku tersebut, Pokjawas DKI Jakarta perlu menyusun jadwal rapat rutin. seperti rapat bulanan, triwulan maupun semesteran. Kondisi sekarang ini dengan zaman teknologi, Rapat dapat dilakukan secara virtual atau daring. Sehigga tidak ada alasan, rapat tidak bisa dilaksanakan.

Rapat adalah Jantung dari Tim Yang Sehat

Andrew Leigh

Pengawas Digital

Pokjawas DKI Jakarta memiliki visi mewujudkan pengawas digital. Secara analisis sederhana, Pengawas Digital dapat diartikan dari dua sudut. Pertama sudut kompetensi, pengawas Madrasah digital artinya memiliki kemampuan dan keterampilan tentang teknologi digital. Baik aplikasi komunikasi, maupun aplikasi informasi.

Baca: Literasi Digital

Kedua sudut tugas dan fungsi. Pengawas digital adalah pengawas Madrasah yang mampu menerapkan keterampilan teknologi digital untuk melaksanakan tugas pengawas. seperti pembinaan virtual, Pemantauan 8 SNP berbasis digital, Penilaian melalui virtual, maupun Pembimbingan dan pelatihan secara online.

Pengawas Madrasah Lama dan Baru

Pokjawas Madrasah DKI Jakarta memiliki aset yang penting yaitu kombinasi pengawas madrasah lama dan pengawas baru dalam kepengurusan pokjawas. Tentu kombinasi pengalaman yang dimiliki pengawas lama didukung dengan semangat baru dari pengawas baru menjadi kekuatan besar dalam mewujudkan visi, misi, dan program pokjawas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *