KurikulumPendidikan

Projek Profil Pelajar Pancasila di Kurikulum 2013

Projek profil pelajar Pancasila merupakan salah satu strategi untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Kegiatan projek tersebut menjadi ciri khas di kurikulum merdeka. Istilah yang digunakan adalah projek penguatan profil pelajar Pancasila.

Pada buku saku “Tanya jawab kurikulum merdeka”, ada pertanyaan

“Mengapa pembelajaran melalui projek disebut sebagai “penguatan profil pelajar Pancasila”?

Pertanyaan no. 66 memiliki jawaban sebagai berikut:

Di satuan pendidikan, profil pelajar Pancasila perlu dikembangkan melalui berbagai strategi yang saling melengkapi dan menguatkan, yaitu

  • Budaya satuan pendidikan,
  • kegiatan pembelajaran, dan
  • kegiatan kokurikuler berupa pembelajaran melalui projek.

Dengan demikian, projek ini bukan satu-satunya.


1. Pengertian Profil Pelajar Pancasila

Pertanyaan no. 63 tentang profil Pelajar Pancasila sebagai berikut:

Apa yang dimaksud dengan profil pelajar Pancasila?

Pertanyaan ini ingin mengetahui pengertian dan tujuan dari istilah tersebut. Jawaban di buku saku tersebut adalah

  • Profil pelajar Pancasila adalah profil lulusan yang bertujuan untuk menunjukkan karakter dan kompetensi yang diharapkan diraih dan menguatkan nilai-nilai luhur Pancasila peserta didik dan para pemangku kepentingan.

Berdasarkan jawaban tersebut bahwa alumni dari proses pendidikan di satuan pendidikan diharapkan memiliki karakter dan kompetensi yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila.

2. Profil Pelajar Pancasila di Kurikulum 2013

Pertanyaan yang sangat penting adalah kaitan antara projek penguatan profil dengan 3 pilihan kurikulum yang bisa dilaksanakan oleh satuan pendidikan. Pertanyaan tersebut ada di no. 64 yaitu

Apakah profil pelajar Pancasila hanya berlaku untuk Kurikulum Merdeka atau berlaku juga pada satuan pendidikan yang menerapkan Kurikulum 2013?

Jawaban pertanyaan tersebut adalah

  • Profil pelajar Pancasila tidak hanya berlaku untuk satuan pendidikan yang menggunakan Kurikulum Merdeka saja, namun berlaku juga untuk satuan pendidikan yang menerapkan Kurikulum 2013.

Jawaban tersebut mengindikasikan bahwa Profil Pelajar Pancasila tetap menjadi perwujudan dari tujuan nasional, apapun kurikulum yang dipilihnya.


3. Strategi Penerapan Projek di Kurikulum 2013

Jawaban pertanyaan no. 64 memunculkan pertanyaan baru terkait implementasi profil pelajar Pancasila di kurikulum 2013, versi lengkap atau versi sederhana.

Pada buku saku “tanya Jawa kurikulum merdeka”, pertanyaan susulan dari no. 64 ada di no. 65 yaitu

Bagaimana menerapkan profil pelajar Pancasila pada Kurikulum 2013?

Buku saku menjawab

  • Dalam penyusunannya, profil pelajar Pancasila sudah memetakan/merujuk Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) sehingga dalam implementasinya dapat diselaraskan.
  • Dengan penyesuaian sesuai dengan kemampuan satuan pendidikan, satuan pendidikan yang menggunakan Kurikulum 2013 boleh menerapkan pembelajaran berbasis projek untuk penguatan profil pelajar Pancasila seperti yang dilakukan oleh Sekolah Penggerak atau SMK PK.

Dua kalimat tersebut memunculkan ada 2 hal, yaitu:

  • Adanya keterkaitan antara Profil Pelajar Pancasila di kurikulum merdeka dengan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di kurikulum 2013
  • Diperbolehkan menerapkan pendekatan projek penguatan profil pelajar Pancasila di Satuan Pendidikan yang menerapkan kurikulum 2013 dengan berbagai penyesuaian.

Artikel Terbaru