Website KKMI Jakarta Selatan di Dunia Maya

 MI Al-Hidayah –Rapat Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah Cilandak pada hari Rabu tanggal 14 Maret 2012, terasa spesial dengan kehadiran Staf MAPENDA dan Ketua KKMI Cilandak. Ust. Tajuddin, sebagai Ketua KKMI Kota Jakarta Selatan, dalam sambutannya mendorong Kepala Madrasah untuk mengembangkan Madrasah di Jakarta. Gaya bersemangat, beliau menjelaskan kondisi dan peran Madrasah di Jakarta Selatan.

Dalam kesempatan tersebut, Beliau mensosialisakan Website KKMI Jakarta Selatan sebagai sarana informasi dan komunikasi antar madrasah se Jakarta Selatan. Keberadaan Webset ini menjadi terobosan baru KKMI Jakarta Selatan dibawah pimpinan Ust. Tajudin. Hal ini memberikan angin segar kebangkitan madrasah di  Dunia Maya,

Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Informas,  sekarang ini sudah masuk kedalam sistem pendidikan di Indonesia. Sepert laporan profil Sekolah/Madrasah secara keseluruhan harus didata secara online. Program ini dikembangkan dalam system EMIS kementerian Agama. Data siswa, guru dan tenaga kependidikan harus secara lengkap dilaporkan lewat On Line. Terutama data siswa karena berhubungan dengan Bantuan operasional sekolah (BOS) dan Ujian nasional. Kedepan,  laporan pelaksanaan BOS (Bantuan Operasional Sekolah)  akan menggunakan system Online.

Kondisi seperti ini menuntut semua madrasah memiliki operator komputer. Kompetensinya tidak hanya menguasai office system saja, tapi perlu menguasai program online atau internetnya. Tawaran pelatihan dari ketua KKMI kota Jakarta Selatan tentunya perlu direspon secara cepat agar Madrasah akan mengikuti system online.

Kemunculan Website KKMI Jakarta Selatan sangat menggembirakan, karena secara tidak langsung, akan mendorong semua madrasah memiliki website. Khusus, bagi pengawas madrasah atau pendidikan agama Islam, keberadaan website bisa menjadi sarana pembinaan dan informasi seputar Madrasah.

Ada beberapa manfaat dan efek positif dari lauchingnya website Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah kota (KKMI)  Jakarta Selatan:

  1. Memperluas jangkauan promosi, dengan memiliki website maka madrasah akan lebih banyak dikenal masyarakat bahkan sampai ke manca negera.
  2. Dengan memiliki website berarti sama saja memiliki karyawan yang mempromosikan madrasah selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu.
  3. Sebagai media untuk memperkenalkan program, dan profile madrasah kepada masyarakat umum.
  4. Website merupakan media promosi yang menawarkan biaya yang lebih murah dan efisien, jika dibandingkan dengan media promosi lainnya.
  5. Website dapat memberikan informasi yang lebih jelas dan lebih lengkap mengenai profile perusahaan, produk, layanan, dll.
  6. Media Promosi yang bisa menjangkau lebih luas sampai ke mancanegara.

Semoga Madrasah semakin maju dan mampu mengikuti perkembangan zaman tanpa menghilangkan karakteristik madrasah.

579