Kurikulum MerdekaProfil Pelajar Pancasila

Menyusul Jadwal Projek pada Kurikulum Merdeka, Bagaimana caranya

Menyusun jadwal projek pada Kurikulum Merdeka dapat dilaksanakan dengan berbagai alternatif. Satuan pendidikan dapat memanfaatkan alternatif tersebut disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan sekolah. Bahkan disesuai dengan visi dan misi yang akan dicapai.

Perlu diperhatikan, Jadwal tersebut sesuaikan dengan alokasi waktu yang telah disediakan oleh pusat dalam bentuk struktur kurikulum setiap jenjang. Struktur kurikulum merupakan perangkat dari kerangka dasar kurikulum merdeka yang ditetapkan oleh Pusat.


Alokasi Waktu Projek

Mengacu kepada Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56 Tahun 2022 , secara umum ketentuan total waktu projek adalah sekitar 20‒30% beban peserta didik per tahun adalah sebagai berikut:

  • SD I‒V berjumlah 252 JP
  • SD VI berjumlah 224 JP
  • SMP VII‒VIII berjumlah 360 JP
  • SMP IX berjumlah 320 JP
  • SMA X berjumlah 486 JP
  • SMA XI berjumlah 216 JP
  • SMA XII berjumlah 192 JP

Strategi Menyusun Tema pada Jadwal Projek

Satuan pendidikan diharapkan dapat mengatur jadwal belajar yang membuka ruang untuk kolaborasi mengajar antarpendidik dari mata pelajaran yang berbeda. sehingga dalam penyusunan jadwal pelaksanaan projek berdasarkan tema dapat dilaksanakan dengan 3 tahap yaitu seperti berikut:

Tahap Awal

Setiap tema dilakukan dengan jadwal belajar yang seragam untuk semua kelas.

Tahap Berkembang

Tahap berkembangan yaitu setiap tema dilakukan dengan jadwal belajar yang seragam per 2‒3 kelas.

Tahap Lanjutan

Tahap lanjutan, setiap kelas dapat memilih waktu pelaksanaan projek yang berbeda atau waktu pelaksanaan dapat ditentukan sendiri oleh masing-masing kelas)


3 Cara Menyusun Jadwal Projek

Menyusun jadwal projek penguatan profil pelajar Pancasila pada kurikulum merdeka memiliki 3 pilihan yaitu:

1. Per Jam

Mengalokasikan 1—2 jam pelajaran di akhir hari, khusus untuk mengerjakan projek. Bisa digunakan untuk eksplorasi di sekitar satuan pendidikan sebelum peserta didik pulang.

2. Per Hari

Menentukan satu hari dalam seminggu untuk pelaksanaan projek (misalnya hari Jumat). Seluruh jam belajar pada hari itu digunakan untuk projek.

3. Per Periode

Mengumpulkan dan memadatkan pelaksanaan tema dalam satu periode waktu misalnya 2 minggu atau 1 bulan, di mana semua pendidik berkolaborasi.


Materi Profil Pejalar Pancasila lainnya

One thought on “Menyusul Jadwal Projek pada Kurikulum Merdeka, Bagaimana caranya

Comments are closed.