Kepala MadrasahKurikulum MerdekaProfil Pelajar Pancasila

Peran Kepala Sekolah dalam Projek di Kurikulum Merdeka

Yunandra. Peran Kepala Sekolah dalam Projek penguatan profil pelajar Pancasila di kurikulum merdeka sangat penting. karena pendekatan projek merupakan kegiatan khusus di kurikulum merdeka dalam rangka mewujudkan profil pelajar Pancasila. dan Kurmer merupakan pembelajaran paradigma baru yang baru dilaksanakan secara terbatas yaitu di Program sekolah Penggerak. Dimana syarat penetapan sekolah menjadi sekolah penggerak adalah kepala sekolah yang lolos seleksi.

Maka kepala sekolah memiliki peranan penting terhadap keberhasilan implementasi kurikulum merdeka, dimana salah satu kegiatannya adalah kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila. Disamping kegiatan pembelajaran reguler.


6 Peran Kepala Sekolah dalam Projek di Kurikulum Merdeka

Kepala sekolah atau satuan pendidikan lainnya memiliki peran sangat penting dalam pelaksanaan projek pelajar Pancasila di Kurikulum Merdeka. Menurut Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SD/SMP/SMA, ada 6 peran kepala sekolah, yaitu:

1. Membentuk Tim

Peran pertama kepala sekolah atau madrasah untuk menyiapkan projek di kurikulum merdeka adalah membentuk tim projek dan turut merencanakan projek.

2. Mengawasi Pelaksanaan Projek

Peran Kepala sekolah dalam projek penguatan profil pelajar Pancaasila yang kedua adalah mengawasi jalannya projek dan melakukan pengelolaan sumber daya satuan pendidikan secara transparan dan akuntabel.

3. Membangun Komunikasi dan Kolaborasi

Peran ketiga yang bisa dilakukan kepala sekolah adalah membangun komunikasi untuk kolaborasi antara orang tua peserta didik, warga satuan pendidikan, dan narasumber pengaya projek: masyarakat, komunitas, universitas, praktisi, dan sebagainya.

4. Mengembangkan Komunitas Praktis

Peran keempat kepala satuan pendidikan dalam projek penguatan profil pelajar Pancasila adalah mengembangkan komunitas praktisi di satuan pendidikan untuk peningkatan kompetensi pendidik yang berkelanjutan.

5. Melakukan Coaching

Peran kelima kepala satuan pendidikan dalam menyiapkan projek penguatan pelajar pancasila adalah melakukan coaching secara berkala bagi pendidik.

6. Mengelola Projek Berpusat pada Peserta Didik

Sebagai pemimpin satuan pendidikan memiliki tugas manajerial, Maka peran kelima yaitu merencanakan, melaksanakan, merefleksikan, dan mengevaluasi pengembangan projek dan asesmen yang berpusat pada peserta didik.


Artikel Kurikulum Merdeka

Untuk dapatkan artikel terbaru,
Silahkan daftar