Kurikulum MerdekaProfil Pelajar Pancasila

Menentukan Dimensi untuk Projek

Menentukan Dimensi untuk Projek Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka perlu mempertimbangkan tujuan diadakan kegiatan projek.

Projek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan.

Artinya tujuan akhir adalah mewujudkan profil pelajar pancasila yang terdiri dari 6 dimensi. Oleh karena itu perlu menentukan dimensi, eleme, dan sub elemen sesuai dengan tema projek yang dipilih.


Cara Menentukan Dimensi Profil Untuk Projek Penguatan

Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang dikeluarkan oleh Kemendikbudristek menjelaskan ketentuannya sebagai berikut:

  • Pimpinan satuan pendidikan menentukan dimensi Profil Pelajar Pancasila yang akan fokus dikembangkan untuk setiap kelas pada tahun ajaran tersebut.
  • Pimpinan satuan pendidikan dapat merujuk pada visi misi satuan pendidikan atau program yang akan dijalankan di tahun ajaran tersebut.
  • Disarankan untuk memilih 2‒3 dimensi yang paling relevan untuk projek. Ada 6 dimensi profil pelajar Pancasila, Kepala sekolah dan Tim projek dapat memilih yang sesuai dengan projek.
  • Sebaiknya jumlah dimensi Profil Pelajar Pancasila yang dikembangkan dalam suatu projek tidak terlalu banyak agar tujuan pencapaian projek jelas dan terarah.
  • Tema dan topik spesifik yang nanti dipilih dapat menyesuaikan dengan dimensi yang sudah ditentukan oleh pimpinan satuan pendidikan.
  • Apabila pimpinan satuan pendidikan sudah berpengalaman menjalankan kegiatan berbasis projek, jumlah dimensi yang dipilih dapat ditambah sesuai dengan kesiapan tingkat satuan pendidikan.

  • Panduan:
    • Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SD/SMP/SMA

Materi Profil Pelajar Pancasila Lainnya

Untuk dapatkan artikel terbaru,
Silahkan daftar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *