MadrasahManajemenPendidikan

5 Tahapan Perencanaan Berbasis Data

yunandra.com. Perencanaan Berbasis Data dilakukan dengan beberapa tahapan. Tahapan Perencanaan Berbasis Data merupakan proses pemanfaatan rapor pendidikan.

Rapor pendidikan merupakan hasil dari asesmen nasional berbasis komputer (ANBK), kognitif dan non kognitif.

Regulasi: Permendikbukristek No. 9 Tahun 2022 Evaluasi Sistem Pendidikan oleh Pusat dan Daerah

Berdasarkan rapor pendidikan, satuan pendidikan merancang program sekolah. Ada 5 tahapan untuk menyusun perencanaan berbasis data, yaitu:

Tahapan awal adalah proses identifikasi. Di sini, satuan pendidikan dapat memilih dan menetapkan masalah yang sedang dihadapi. Permasalahan yang dihadapi bisa diketahui dengan mengunduh data dari Rapor Pendidikan. Data tersebut merujuk kepada daftar indikator prioritas. Indikator tersebut nantinya akan ditetapkan sebagai masalah yang akan diintervensi.

Kepala sekolah dan pemangku kepentingan di sekolah selanjutnya perlu melakukan refleksi diri untuk menemukan akar permasalahan dari tantangan yang dihadapi. Dari masalah yang akan diintervensi, dilakukan analisis  untuk mencari akar masalah. 

Setelah akar masalah ditemukan, tahapan berikutnya adalah benahi. Di tahap ini akan disusun rencana pembuatan kegiatan dan juga program yang akan dijalankan untuk mengatasi akar permasalahan tersebut. Hal yang terpenting di tahap ini adalah keterlibatan pemangku kepentingan secara aktif dalam proses perencanaan.

Program dan kegiatan yang telah disusun selanjutnya dimasukkan ke dalam Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS). Selain itu, sekolah juga perlu menetapkan barang dan jasa yang akan dibelanjakan untuk mendukung terlaksananya program dan kegiatan tersebut. Jika sudah, barulah daftar kegiatan anggaran akan dimasukkan ke dalam Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS).

Nantinya kepala sekolah dan pemangku kepentingan di sekolah melaksanakan sekaligus memantau jalannya program dan kegiatan yang sudah direncanakan. Keterlaksanaan kegiatan dan perubahan capaian di Rapor Pendidikan di tahun berikutnya dapat menjadi evaluasi untuk perencanaan ke depannya nanti.

Untuk dapatkan artikel terbaru,
Silahkan daftar