Aplikasi Online dalam Seleksi Instruktur PKB Guru Madrasah

Seleksi instruktur PKB Guru Madrasah merupakan tahapan penting dalam menyukseskan program PKB Guru Madrasah. Merekalah yang akan memfasilitasi dan menggerakan guru-guru madrasah melaksanakan Program PKB Guru di KKG/MGMP/MGBK.

PKB atau Pengembangan keprofesian berkelanjutan Guru Madrasah merupakan salah satu program Kementerian Agama yang pelaksanaannya di bawah Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan. salah komponen dari 4 program yang didukung oleh World Bank.

Walaupun 1 program dengan nama Program PKB Guru Madrasah, tapi memiliki berbagai rangkaian program yang menyertainya. Artinya tidak akan sukses program tersebut tanpa ada dukungan program yang lainnya. Salah satunya Seleksi instruktur dan Fasilitator.

Program PKB Guru menerapkan teknik berjenjang. Diawali dengan penyiapan Instruktur Nasional, kemudian Fasilitator Provinsi, dan terakhir Fasilitator Daerah.

karena pentingnya posisi IN, FasProv Dan Fasda, Maka perlu seleksi yang baik. Salah satunya menggunakan aplikasi

Dalam kesempatan ini, akan melihat keunggulan dan manfaat aplikasi online terhadap kesuksesan pelaksanaan seleksi IN dan FasProv dan Fasda.

Keunggulan Aplikasi

  1. User Friendly
  2. penilaian Administrasi secara online
  3. Test online dg Monitoring Wajah
  4. Wawancara dg Tatap Maya
  5. Integrasi Aplikasi dg WhatsApp

Manfaat

  1. Efesien Biaya
  2. Simpel dalam pelaksanaan Wawancara
  3. Melibatkan Semua unsur
  4. Melatih Kejujuran
  5. Akuntabilitas diterjaga

Aktor Utama

Aplikasi Seleksi Instruktur PKB Guru tetap aplikasi. Sebuah program yang dibuat oleh manusia. Tetap ada aktor dibalik kesuksesan aplikasi tersebut.

Bapak baru, Dendi, merupakan aktor yang membuat aplikasi tersebut. Beliau menjadi The Most Popular selama pelaksanaan seleksi. Mulai tahap pendaftaran sampai dengan penetapan.

Walaupun begitu, tetap mendapatkan pendamping dari Konsultan serta dukungan dari koordinator Komponen 3 serta para kasubdit Direktorat GTK Madrasah.

Dan paling penting adalah bimbingan dan arahan Direktur GTK Madrasah, Muhammad Zain. Salah satu ungkapan beliau yang menjadi acuan, “Gabah yang bagus diolah dengan alat yang bagus, akan menghasilkan Beras Unggul”. Artinya aplikasi yang bagus sebagai alat menjadi salah unsur penting untuk mendapatkan instruktur dan Fasilitator yang bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *