Kepala MadrasahMadrasahPendidikan

Kontrak Prestasi Kepala dan tagline Madrasah Maju Bermutu Mendunia

yunandra. Direktorat KSKK Madrasah mengeluarkan tagline baru yaitu madrasah maju, bermutu dan mendunia. Tagline ini menggantikan tagline sebelumnya, madrasah mandiri berprestasi.

Sedangkan Kontrak prestasi kepala madrasah merupakan komitmen kepala madrasah mencapai prestasi yang ditetapkan.

Setiap tahun, Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag DKI Jakarta meminta kepala madrasah menandatangani kontrak prestasi. Sebelum ditandatangani, kontrak prestasi dipaparkan oleh kepala madrasah di depan tim reviewer yang dibentuk oleh Kanwil.

Tagline baru dan kontrak prestasi kepala madrasah menjadi dua hal yang akan dibahas di tulisan ini. Terutama peran kontrak prestasi dalam mewujudkan tagline madrasah maju bermutu mendunia.

Menurut KBBI, maju artinya berjalan (bergerak) ke muka; tampil ke muka; berkembang. Jika madrasah maju bisa diartikan madrasah bergerak ke muka.

Tagline Madrasah maju bisa diartikan madrasah dituntut untuk terus berkembang dan beradaptasi dengan kondisi yang berorientasi ke depan. Madrasah tidak boleh berhenti bergerak.

Madrasah maju bisa dikuantifikasikan dan dikualifikasikan dengan kontrak prestasi kepala madrasah. Artinya kontrak prestasi kepala menjadi alat ukur kemajuan madrasah.

  • Madrasah maju secara kuantitas adalah madrasah yang terus bertambah jumlah prestasi yang diraih setiap tahun.
  • Madrasah maju secara kualitas adalah madrasah yang meningkat level prestasi yang diraih setiap tahun. Level penyelenggara adalah internasional, nasional, regional. Level juara adalah juara 3, juara 2, juara 1.

Kontrak prestasi kepala madrasah sangat berperan dalam mewujudkan tagline madrasah maju. Karena dapat mengukur prestasi yang diraih oleh madrasah secara kualitas dan kuantitas.

Melalui kontrak prestasi kepala madrasah, madrasah maju diharapkan dapat dilengkapi dengan madrasah bermutu agar bisa mendunia.

Baca: Program Mewujudkan Madrasah Hebat Bermartabat

Menurut KBBI Bermutu artinya baik (tinggi) mutunya; mempunyai mutu (kualitas). Madrasah bermutu adalah madrasah yang mempunyai kualitas.

Kualitas madrasah bisa diukur di dua aspek yaitu kualitas proses dan kualitas output.

  1. Proses. Madrasah yang memiliki proses pendidikan yang berkualitas
  2. Produk. Madrasah yang mengeluarkan peserta didik yang berkualitas

Berdasarkan pengertian di atas, madrasah bermutu dapat dicapai dan diukur dengan kontrak prestasi kepala madrasah.

Pada aspek proses, Kontrak prestasi dapat mengukur target prestasi dan rencana aksi disusun berdasarkan hasil analisis atau tidak.

Pada aspek output, kontrak prestasi dapat mengukur kualitas prestasi yang telah tercapai dan target prestasi di tahun berikut.

Madrasah Maju dan Bermutu diharapkan dapat mengantarkan menjadi Madrasah Mendunia

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata mendunia adalah terkenal (meluas) ke seluruh dunia. Arti lain dari mendunia adalah menjadi milik dunia.

Madrasah mendunia bisa diartikan 2 yaitu

  1. madrasah terkenal ke seluruh dunia.
  2. madrasah menjadi milik dunia

Jadi menggunakan arti yang pertama, madrasah mendunia adalah madrasah yang dikenal oleh masyarakat luas tidak hanya masyarakat sekitar namun juga dikenal oleh masyarakat dari negara lain atau seluruh dunia.

Madrasah bisa terkenal karena tiga aspek yaitu

  • input. Madrasah terkenal karena seleksi masuk yang ketat yang dikenal seluruh atau ada peserta didik asing yang masuk di madrasah tersebut.
  • Proses. Madrasah terkenal karena memiliki proses yang berkualitas yang diakui dunia, atau memiliki proses yang sama dengan di luar negeri melalui kerjasama dengan satuan pendidikan unggulan di luar negeri.
  • Output. Madrasah yang melahirkan para juara di berbagai lomba internasional, baik peserta didik, guru, kepala madrasah. Atau daya serap peserta didik yang diterima di perguruan tinggi favorit di luar negeri.

Kontrak Prestasi Kepala madrasah berfungsi menjadi alat ukur perwujudan madrasah mendunia. Apakah kepala madrasah menyusun rencana aksi yang berorientasi pencapaian prestasi dunia?

Berdasarkan pertanyaan tersebut, kontrak prestasi kepala madrasah berisi target prestasi dan rencana aksi atau strategi yang berorientasi mewujudkan madrasah maju bermutu mendunia.

Berdasarkan analisis terhadap beberapa tagline yang dikeluarkan direktorat madrasah/KSKK di setiap masa, terdapat keterkaitan yang sifatnya berkelanjutan.

Tagline terakhir yaitu Madrasah Maju Bermutu Mendunia merupakan kelanjutan dari tagline sebelumnya. Posisinya menjadi tinggal landas dari tagline sebelumnya.

Sampai sekarang, Direktorat madrasah telah melahirkan 4 tagline.

  1. Madrasah Lebih Baik, Lebih Baik Madrasah. Tagline ini menguatkan posisi madrasah yang menjadi lembaga pendidikan pilihan utama dalam sistem pendidikan nasional.
  2. Madrasah Hebat Bermartabat. Tagline ini menguatkan posisi sebagai lembaga pilihan utama dengan karakteristik yang berbeda dengan yang lain.
  3. Madrasah Mandiri Berprestasi. Tagline ini melanjutkan posisi sebagai madrasah pilihan utama dengan karakteristik yang unik dapat mencapai prestasi dan berorientasi prestasi secara mandiri.
  4. Madrasah Maju Bermutu Mendunia. Tagline membawa ketiga tagline sebelumnya bergerak terus secara berkualitas sampai diakui di dunia.

Madrasah Maju Bermutu Mendunia adalah Madrasah yang terus bergerak maju dan berkembang secara kualitas dan kuantitas dikenal dan diakui oleh seluruh dunia.

Kontrak Prestasi Kepala Madrasah menjadi alat ukur target prestasi sekaligus rencana aksi untuk mewujudkan slogan madrasah Maju Bermutu Mendunia.


Sumber: PMA No. 60 Tahun 2015 Perubahan PMA 90 Tahun 2013 Penyelenggaraan Pendidikan Madrasah

Untuk dapatkan artikel terbaru,
Silahkan daftar