MotivasiPsikologi

Jenis Motivasi Belajar pada Pendidikan Islam

yunandra.com. Motivasi belajar dapat dibagi menjadi 2 jenis motivasi. Kedua jenis motivasi belajar disebabkan oleh 2 faktor yaitu dari dalam diri seseorang atau di luar diri.

jika melihat pengertian motivasi secara bahasa berasal dari bahasa latin yaitu “movere” berarti “bergerak” yang dimaksudkan sebagai “bergerak untuk maju”.

Motivasi sebagai proses psikologis yang mencerminkan interaksi antara sikap, kebutuhan, persepsi, dan keputusan yang terjadi pada diri seseorang. Maka dalam prakteknya perlu memperhatikan prinsip-prinsip motivasi dengan baik.

Karena faktor psikologis, motivasi ditimbulkan oleh faktor dari dalam diri yang disebut intrinsik atau faktor dari luar diri yang disebut ekstrinsik.

2 Jenis Motivasi Belajar

Sebagai faktor psikologis, faktor dari dalam diri dan dari luar diri menjadi dasar pembagian jenis motivasi.

1. Motivasi Intrinsik

Motivasi intrinsik adalah keinginan bertindak yang disebabkan adanya dorongan dari dalam diri seseorang. Faktor dari dalam diri dapat berupa kepribadian, sikap, pengalaman, dan pendidikan, atau berbagai harapan, cita-cita yang menjangkau masa depan.

Penelitian De Cham yang dinukil oleh Engkoswara, menyatakan bahwa individu yang melakukan kegiatan yang didorong oleh motivasi intrinsik, maka kegiatannya adalah untuk mencapai tujuan yang merupakan hasil kegiatan itu

2. Motivasi Ekstrinsik

Motivasi Ekstrinsik adalah dorongan yang disebabkan oleh pengaruh dari luar diri. Faktor tersebut seperti pengaruh pimpinan, kolega, faktor-faktor lain yang sangat kompleks.

Menurut Engkoswara, Tipe motivasi ekstrinsik mempunyai tujuan utama individu dalam melakukan kegiatan untuk mencapai tujuan yang terletak di luar aktivitas belajar atau tujuan tidak terlibat dalam aktivitas belajar.


Sumber: Engkoswara dan Aam, Administrasi Pendidikan, 2015.

Artikel Motivasi Lainnya

Untuk dapatkan artikel terbaru,
Silahkan daftar