KurikulumKurikulum 2013Pendidikan

Perubahan Perencanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 di Era Merdeka Belajar

yunandra.com. Keluarnya Buku Panduan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum 2013 menghasilkan perubahan perencanaan pembelajaran kurikulum 2013.

Perubahan tersebut dapat diartikan penyesuaian atau penyempurnaan, bukan pergantian. Hal ini dimungkinkan karena adanya kebijakan merdeka belajar yang berdampak terhadap pembelajaran dengan paradigma baru.

Perencanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Dengan Paradigma Baru

Pembelajaran dengan paradigma baru menghasilkan kebijakan Kurikulum baru yang bernama Kurikulum Merdeka. Nama yang sesuai dengan Kebijakan Merdeka belajar.

Kurikulum Merdeka memiliki karakteristik yang berbeda dengan kurikulum 2013. Mulai dari prinsip pembelajaran, perencanaan pembelajaran dan asesmen sampai pelaporan hasil belajar.

Baca: Materi Kurikulum Merdeka

Oleh karena ada beberapa perubahan pembelajaran 2013 yang disesuaikan dengan perubahan pembelajaran dan asesmen di kurikulum merdeka. Minimal ada 3 penyesuaian yang ada di pembelajaran kurikulum 2013

1. Prinsip Pembelajaran dan Asesmen

Kurikulum Merdeka menetapkan prinsip pembelajaran dan asesmen yang baru terdiri dari 5 prinsip pembelajaran dan 5 prinsip asesmen. Pembelajaran dan asesmen merupakan sebuah siklus yang saling berkait.

Pada Buku Pembelajaran dan Asesmen kurikulum 2013 dijelaskan tentang prinsip-prinsip yang sama dengan kurikulum merdeka. Serta dijelaskan cara menerapkan prinsip-prinsip tersebut dalam pembelajaran 2013. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan hasil pembelajaran.

2. Alternatif Penyusunan Tujuan Pembelajaran Kurikulum 2013

Buku Pembelajaran dan Asesmen kurikulum merdeka menjelaskan cara merencanakan pembelajaran dalam menyusun tujuan pembelajaran dengan 2 pilihan:

  • Menggunakan KD dari Pemerintah
  • Menganalisis KD dan Merumuskan Tujuan Pembelajaran secara Mandiri

Pemberian pilihan -pilihan merupakan semangat dari Merdeka Belajar. Dimana setiap satuan pendidikan memiliki kebebasan untuk memilih sesuai dengan kesiapan dan kondisi satuan pendidikan.

Alur Perencanaan Pembelajaran Kurikulum 2013

Jika melihat perbandingan panduan pembelajaran dan asesmen kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka bahwa tujuan Pembelajaran di Kurikulum Merdeka punya arti sama dengan Kompetensi Dasar di kurikulum 2013.

Artinya Redaksi Tujuan Pembelajaran kurikulum merdeka disusun sama dengan redaksi kompetensi dasar di kurikulum 2013.

Tujuan Pembelajaran di Kurikulum Merdeka sama dengan Kompetensi Dasar di Kurikulum 2013

3. Format Pelaporan Hasil Belajar (Rapor) Terbaru

Dengan perubahan pada perencanaan pembelajaran yang dimulai dengan penyusunan tujuan pembelajaran berdasarkan kompetensi dasar dan secara mandiri, berdampak juga pada pelaporan hasil belajar.

Penilaian sikap disesuaikan dengan dimensi profil pelajar Pancasila.

Buku Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum 2013 memberikan contoh format pelaporan hasil belajar yang baru. Mulai dari raport PAUD, pendidikan dasar menengah dan pendidikan kesetaraan.

Artikel Pendidikan

Untuk dapatkan artikel terbaru,
Silahkan daftar