Karakteristik Madrasah, Sebuah Identitas Mulai Pudar

Karakteristik Madrasah adalah ciri khas yang melekat pada madrasah yang merupakan kekuatan dari madrasah itu sendiri.

Menurut regulasi, Madrasah adalah satuan pendidikan formal dalam binaan Menteri Agama yang menyelenggarakan pendidikan umum dan kejuruan dengan kekhasan agama Islam yang mencakup RA, MI, MTs, MA, dan MAK.(PMA No. 90 Tahun 2013 Pasal 1)

Menurut Husni Rahim dalam buku “Madrasah dalam Politik Pendidikan di Indonesia“, ada 4 Karakter Madrasah yang sekaligus kekuatan Madrasah.

1. Madrasah Milik Masyarakat

Istilah lain dari Madrasah Milik Masyarakat adalah Community base Education. Artinya kebijakan yang memberikan keleluasaan bagi masyarakat untuk ikut serta berperan serta dalam pendidikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Berdasarkan pasal 1 ayat 38 Peraturan Pemerintah No 66 tahun 2010 menyebutkan bahwa, “Pendidikan berbasis masyarakat adalah penyelenggaraan pendidikan berdasarkan kekhasan agama, sosial, budaya, aspirasi, dan potensi masyarakat sebagai perwujudan pendidikan dari, oleh, dan untuk masyarakat”

2. Madrasah sebagai Manajemen berbasis sekolah

School Based Management atau Manajemen berbasis sekolah merupakan konsep manajemen sekolah yang memberikan wewenang, kepercayaan dan tanggung jawab yang luas bagi sekolah.

Menurut penjelasan penjelasan pasal 51, ayat (1) di UU No 20 Tahun 2003 menerangkan bahwa, “Yang dimaksud dengan manajemen berbasis sekolah/madrasah adalah bentuk otonomi manajemen pendidikan pada satuan pendi dikan, yang dalam hal ini kepala sekolah/ madrasah dan guru dibantu oleh komite sekolah/madrasah dalam mengelola kegiatan pendidikan”.

3. Lembaga Tafaqquh Fi Dien

Karakteristik ketiga adalah Madrasah merupakan lembaga pendidikan Tafaqquh Fi Dien. Konsep dasar dari madrasah adalah untuk memberikan kesempatan pada peserta didik mempelajari dan memahami serta mendalami agama Islam sebagai kewajiban dari setiap individu.

Pada Kurikulum Madrasah, Mata pelajaran pendidikan agama Islam dibagi menjadi 4 mapel plus Bahasa Arab. Kelima mata pelajaran tersebut adalah Aqidah-Akhlak, Qur’an-Hadits, Fikih, dan Sejarah Kebudayaan Islam.

4. Lembaga Kaderisasi dan Mobilisasi Umat

Proses pendidikan di Madrasah melahirkan pribadi Muslim yang Shalih dengan penguasaan dan pengamalan ajaran Islam yang luas, mendalam dan konsisten. Banyak lahir dari Madrasah tokoh-tokoh Islam yang berpengaruh di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *