Psikologi

5 Cara Meningkatkan Rasa ingin Tahu

Meningkatkan Rasa ingin Tahu atau Curiosity akan memberikan dampak positif untuk inovasi dan pengembangan diri.

Bersumber dari tulisan Ian Leslie di sebuah buku yang berjudul Curious: The Desire To Know And Why Your Future Depends On It, ada beberapa cara untuk meningkatkan rasa ingin tahu.

5 Cara Meningkatkan Rasa ingin Tahu

Ian Leslie menyebutkan ada 5 cara Meningkatkan Curiosity yaitu sebagai berikut:

1. Tetap membiarkan pertanyaan bermunculan di kepala.

Cara pertama untuk meningkatkan rasa ingin tahu adalah tetap membiarkan pertanyaan bermunculan di kepala. Tak peduli sebodoh atau seaneh apapun pertanyaan itu.

Rasa ingin tahu biasanya diawali dengan sebuah pertanyaan. Maka perlu membiasakan memunculkan pertanyaan-pertanyaan di kepala agar selalu ingin tahu dan selalu ingin belajar.



2. Menemukan ketertarikan khusus yang sesuai dengan kesenangan kita.

Menurut Ian Leslie bahwa cara kedua adalah menemukan ketertarikan khusus yang sesuai dengan kesenangan kita.

Istilah lain bisa hobi, minat, atau passion. Setiap orang akan bekerja dengan nyaman dan semangat jika sesuai dengan hobi, minat, dan passionnya.


3. Membaca sebanyak mungkin buku, majalah, artikel dan mengumpulkan beragam informasi

Adapun cara ketiga untuk mengembangkan rasa ingin tahu adalah membaca sebanyak mungkin buku, majalah, artikel dan mengumpulkan beragam informasi.

Kegiatan membaca merupakan salah satu cara mengaktifkan otak manusia. dengan membaca akan terbangun pikiran dan rasa sehingga menimbulkan rasa ingin tahu lebih jauh tentang suatu hal.

4. Berkunjung ke perpustakaan

Cara keempat yang anjurkan oleh Ian Leslie adalah berkunjung ke perpustakaan lalu membiarkan diri kita menemukan buku baru atau hal baru yang ada di dalam perpustakaan.

Perpustakaan adalah fasilitas atau tempat menyediakan sarana bahan bacaan.

Di Indonesia, Perpustakaan tersedia mulai dari tingkat nasional sampai pemerintah daerah tingkat kabupaten/kota. Di dunia pendidikan, Keberadaan perpustakaan sangat penting, sehingga menjadi salah satu indikator penilaian akreditasi, baik pendidikan dasar dan menengah, maupun pendidikan tinggi.

5. Mempelajari cara berpikir orang lain.  

Cara kelima yang bisa dilakukan untuk meningkatkan Curiosity adalah mempelajari cara berpikir orang lain.  Pikiran setiap orang itu unik, dan memiliki pola yang ditentukan oleh tingkat pengetahuan dan pengalaman hidup masing-masing.


Buku :

Curious The Desire to Know and Why Your Future Depends On It

Artikel Lain

Untuk dapatkan artikel terbaru,
Silahkan daftar