Flowchart Model Drills dalam Pembelajaran Berbasis Komputer

Flowchar dan Fungsinya

Simbol Flowchart dan fungsinya perlu dipahami ketika menyiapkan pembelajaran berbasis komputer. Flowchart adalah simbol-simbol grafis yang menunjukkan arah alur kegiatan dan data yang dimiliki program sebagai suatu proses eksekusi.

Model PBK (Pembelajaran berbasis komputer) atau Computer based Instruction (CAI) adalah pembelajaran yang memanfaatkan komputer untuk membantu guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran.

Salah satu dari Model-model Pembelajaran Berbasis Komputer adalah Model Drills. Model Drills adalah sesuatu model dalam pembelajaran dengan jalan melatih siswa terhadap pelajaran yang sudah diberikan. fungsinya untuk menanamkan kebiasaan, ketepatan, kecepatan, kesempurnaan dalam melakukan sesuatu.

Flowchart merupakan bagan alur yang digunakan dalam model pembelajaran Drills.

Baca: Media Pembelajaran

Simbol Flowchart dan fungsinya

Konten dan sistem pembelajaran berbasis komputer dalam program CBI dilakukan melalui pembuatan bagan alur (flowchart). Keempat simbol flowchart yang tertera di atas merupakan simbol grafis yang sudah dibakukan secara internasional. Simbol flowchart sebagai berikut:

Simbol Flowchart

Keempat simbol flowchart merupakan simbol grafis yang harus dipahami oleh para pembuat program, termasuk membuat pembelajaran berbasis komputer. Simbol Flowchart memiliki fungsi tertentu dan arti tertentu.

Buku: Model-model Pembelajaran

Struktur Flowchart Model Drill Pembelajaran Berbasis Komputer (PBK)

Pada pengembangan model Drills dalam pembelajaran berbasis komputer terdapat struktur yang perlu dipahami, yaitu

1. Pemilihan Berkondisi

Simbol Grafis Flowchart pemilihan berkondisi yaitu pemilihan langkah berikut yang ditentukan berdasarkan suatu kondisi. Misalnya Jika suatu kondisi telah terpenuhi, maka berlanjut ke langkah berikut. Jika kondisi tidak terpenuhi, maka proses berlanjut ke pilihan yang lain.

Dalam bahasa pemograman dengan menggunakan rumus If -Then atau if-Then-Else. Proses tersebut digambarkan seperti di bawah ini

Bentuk Flowchart Pemilihan berkondisi

Simbol “Berlian” sebagai suatu kondisi dengan dua panah sebagai proses. Panah yang mengarah ke arah Simbol “Persegi panjang” sebagai Proses pengambilan informasi selanjutnya.

2. Proses Pengulangan

Proses pengulangan yaitu berlangsung atas jumlah pengulangan yang ditetapkan saat program dibuat atau ditetapan dan saat program dijalnkan, diungkapkan melalui pernyataan Repeat-Until, For-Do, atau While-Do.

Simbol Flowchart dapat digambarkan seperti di bawah ini. Panah sebagai proses mengarah ke “Persegi Panjang” sebagai proses pengambilan infomasi”. kemudian panah kembali ke atas sebagai proses pengulangan.

Simbol Flowchart Proses Berulang


Flowchart CBI Model Drills

Buku Model-model pembelajaran yang ditulis oleh Rusman, memberikan contoh Flowchart Computer Based Instruction Model Drills sebagai berikut:

Simbol Flowchart CBI Model Drills

Demikian Simbol Flowchart dan fungsinya untuk dimanfaatkan pada penyusun pembelajaran berbasis komputer.